Penerbangan Komersil di Bandara I Gusti Ngurah Rai Tutup 24 Jam saat Nyepi

Ilustrasi pesawat udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali akan tutup selama 24 jam saat umat Hindu di Bali merayakan Hari Suci Nyepi tahun Saka 1945. Penghentian operasional dilakukan pada Rabu, 22 Maret 2023 pukul 06.00 WITA hingga Kamis, 23 Maret 2023 pukul 06.00 WITA.

“Penghentian operasional selama Hari Raya Nyepi tertuang dalam Notice to Airmen (NOTAM) Nomor 0018/23 dan sudah dikoordinasikan dengan seluruh komunitas bandara sejak 3 bulan yang lalu,” kata General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai–Bali, Handy Heryudhitiawan, Senin, 20 Maret 2023.

Baca Juga:

Ia menggarisbawahi, penerbangan yang dihentikan operasionalnya adalah penerbangan komersil. Sementara, untuk kondisi yang bersifat darurat dan evakuasi medis dikecualikan. “Untuk penerbangan-penerbangan tersebut masih dapat kami layani dengan persyaratan tertentu,” kata dia.

Handy menjelaskan bahwa penerbangan keberangkatan terakhir rute domestik yang akan dilayani pihaknya pada Selasa, 21 Maret 2023 yakni pesawat Citilink dengan tujuan Jakarta. Pesawat ini dijadwalkan berangkat boarding pukul 20.55 WITA.

Baca Juga:

Sementara itu, pesawat terakhir yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada hari yang sama adalah pesawat Trans Nusa. Pesawat ini terbang dari Jakarta (CGK) dan dijadwalkan tiba pada pukul 23.15 WITA.

Penerbangan terakhir rute internasional dilayani pada Rabu 22 Maret 2023 dini hari. Pesawat yang terakhir berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai adalah maskapai Thai Airasia dengan tujuan Don Mueang Airport, Thailand pada pukul 01.15 WITA. Sedangkan untuk kedatangan, pesawat yang mendarat terakhir adalah Air Asia dari Don Mueang Airport Thailand, yang akan tiba pada pukul 00.55 WITA.

Baca Juga:

Handy melanjutkan, sepanjang tahun 2023 ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai–Bali melayani rata-rata harian 49.000 penumpang domestik dan internasional, serta 360 pergerakan pesawat per harinya. “Dengan demikian, kami memperkirakan terdapat penumpang sejumlah tersebut yang akan menyesuaikan jadwal penerbangannya selama periode Hari Raya Nyepi ini,” ucapnya.

“Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai–Bali senantiasa memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa. Kami siap mendukung penuh pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1945 ini,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana
Tags Bali badungNyepiBagikan

Related Stories