Ari Dwipayana: Hubungan Kebudayaan Indonesia-Thailand Memiliki Akar Historis Panjang

Koordinator Staf khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana (paling kiri) hadir dalam acara penganugerahan dua arca Buddha di Bangkok, Thailand. (Balinesia.id/IST)

Bangkok, Balinesia.id - Sangharaja Thailand, Somdet Phra Ariyavangsagaranyana, Somdet Phrasangharaja Sakalamahasanghaparinnayaka menganugerahkan duaBuddharupa (arca Buddha) kepada umat Buddha Indonesia. Penyerahan arca tersebut menjadi wujud persahabatan dua negara yang telah terjalin sejak berabad-abad silam.

Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana, yang hadir menyaksikan penganugerahn arca Buddha tersebut di Bangkok, Thailand, Sabtu, 18 Maret 2023, mengatakan hubungan kebudayaan antara Indonesia dengan Thailand sesungguhnya memiliki akar historis yang panjang, termasuk dalam kaitan dengan pertukaran arca Buddha.

“Arca Buddha bukan hanya dianugerahi oleh Kerajaan Thailand pada Indonesia, tapi sebaliknya arca Buddha dari Indonesia, khususnya Jawa, juga pernah dianugerahi pada Thailand,” katanya sebagaimana keterangan yang diterima di Denpasar, 20 Maret 2023 pagi.

Baca Juga:

Jejak penganugerahan arca Buddha dari Indonesia kini dapat disaksikan di kompleks Wihara Bovonarives, Bangkok. Di tempat itu, terdapat dua arca Buddha berbahan batu andesit yang menyerupai Buddharupa yang ada di Candi Kalasan, Yogyakarta.

“Selain itu, Raja Rama V dari Kerajaan Thailand sampai tiga kali berkunjung ke Pulau Jawa, bahkan kunjungan Raja Rama V yang ketiga ke Pulau Jawa dilakukan selama 80 hari. Selama kunjungan ke Indonesia, Raja V sangat mengagumi candi-candi Buddha yang ada di Jawa, terutama keindahan Candi Mendut,” katanya.

Baca Juga:

Selain itu, 40 tahun lalu Sangharaja Thailand juga pernah menganugerahkan Buddharupa untuk umat Buddha Indonesia.

Diterangkan, Buddharupa yang dianugerahkan Kerajaan Thailand kepada umat Buddha Indonesia kali ini dilakukan di Wat Raja Rajabophit Sathimahasimarama, Bangkok, Thailand. Buddharupa itu diserahkan langsung Sangharaja Thailand, Somdet Phra Ariyavangsagaranyana, Somdet Phrasangharaja Sakalamahasanghaparinnayaka untuk umat Budha Indonesia, dan diterima secara simbolis oleh Sanghapamokkha Sangha Theravada Indonesia, Bhante Pannavaro Mahathera. 

Baca Juga:

Acara tersebut juga dihadiri Menteri Kebudayaan Thailand, Y.M. Itthipol Kunplome; Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman; Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Budha, Supriyadi; dan puluhan sangha senior baik dari Indonesia maupun dari Thailand; serta ratusan umat Buddha Indonesia yang datang dari berbagai daerah.

Rencananya dua arca Budha dengan tingginya masing-masing mencapai 3 meter tersebut akan ditempatkan di dua lokasi di Indonesia yaitu di Vihara Jinapannyasarana, Kota Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara dan di Vihara Buddharatana, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories