Peradah Indonesia Dukung PHDI Pusat Laksanakan Mahasabha XII Menurut Jadwal

Ketua Umum Peradah Indonesia, I Gede Ariawan. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id – Kisruh di tubuh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) akibat munculnya Mahasabha Luar Biasa (MLB) PHDI yang digelar Forum Komunikasi (Forkom) PHDI Provinsi se-Indonesia  pada 18-19 September 2021 di Wantilan Pura Samuan Tiga, Gianyar, Bali direspons sejumlah organisasi keumatan.

Salah satu respons datang dari Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia. Organisasi kepemudaan Hindu tingkat nasional yang memiliki hak suara dalam mahasabha di majelis tertinggi umat Hindu itu menyatakan setidaknya tiga pernyataan sikap.

Ketua Umum DPN Peradah Indonesia, I Gede Ariawan, S.IP., M.IP., dalam keterangannya, Rabu, 22 September 2021 mengatakan organisasi yang dipimpinnya saat ini mendukung kepengurusan PHDI Pusat hasil Mahasabha XI. Selain itu, pihaknya juga mendukung penuh pelaksanaan Mahasabha XII PHDI yang dicanangkan digelar bulan Oktober 2021 mendatang.

     Baca Juga:

“Pertama, DPN Peradah Indonesia mendukung PHDI Pusat di bawah pimpinan Mayjen. TNI (Pur) Wisnu Bawa Tenaya beserta jajaran sebagai organisasi satu-satunya yang berhak untuk menyelenggarakan Mahasabha sesuai dengan AD/ART yang disepakati,” kata Ariawan yang juga sering disapa Ige.

Kedua, Peradah Indonesia yang kepengurusannya tersebar di 32 provinsi dan 120 kabupaten/kota itu mengakui bahwa PHDI Pusat merupakan satu-satunya majelis tertinggi resmi yang mengayomi seluruh umat Hindu di Indonesia.

     Baca Juga:

“Ketiga, DPN Peradah Indonesia mendukung PHDI Pusat untuk segera menyelesaikan segala permasalahan internal yang terjadi dan mendukung penuh pelaksanaan Mahasabha XII sesuai jadwal yang telah disepakati,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Mahasabha XII PHDI dijadwalkan akan berlangsung kisaran tanggal 28-31 Oktober 2021. Terhadap kisruh yang mengemuka ke permukaan, Peradah Indonesia pun berharap umat tidak terbelah. jpd

Editor: Jero P. Ariana
Jero P. Ariana

Jero P. Ariana

Lihat semua artikel

Related Stories