Pendapatan Daerah Badung Tahun 2022 Lampaui Target

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Badung. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Geliat ekonomi Kabuapaten Badung di tahun 2022 menunjukkan tren yang positif. Ini dapat terlihat melalui catatan pendapatan daerah Kabupaten Badung tahun 2022 yang dilaporkan melampaui target.

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta dalam Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2022 yang dilaksanakan pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Badung bertempat di Ruang Sidang Utama Gosana Kantor DPRD Badung, Kamis, 30 Maret 2023 menjelaskan pendapatan daerah periode tahun 2022 sebesar Rp4,6 triliun. Jumlah ini melampaui target yang sebelumnya dicanangkan sebesar Rp4,1 triliun.  

“Pendapatan daerah pendapatan daerah Kabupaten Badung tahun anggaran 2022 ditargetkan sebesar Rp4,12 triliun, dengan realisasi sebesar Rp4,60 triliun, sedangkan belanja daerah pada perubahan APBD tahun anggaran 2022, ditargetkan sebesar Rp4,27 triliun dengan realisasi belanja sebesar Rp3,66 triliun atau sebesar 84,39 persen dari total belanja,” jelasnya.

 Baca Juga:

Bupati dua kali periode ini menyadari bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan masih dijumpai adanya berbagai permasalahan dan kendala yang merupakan kekurangan yang harus disikapi bersama, baik internal maupun eksternal.

Oleh karena itu, dikatakan segala masukan yang bersifat konstruktif dan inovatif serta catatan strategis sangat dibutuhkan Pemkab Badung dalam rangka perbaikan kinerja ke depan, guna lebih meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk mewujudkan kualitas kehidupan masyarakat dan daya saing Kabupaten Badung yang lebih baik, pada masa yang akan datang.

 Baca Juga:

“LKPJ Bupati Badung tahun 2022, secara administratif dokumennya telah diserahkan kepada DPRD pada tanggal 15 Maret 2023 yang lalu, serta telah pula dibagikan kepada seluruh anggota dewan sebagai bahan pembahasan nantinya. Untuk diketahui bersama berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan sesungguhnya juga telah mendapat persetujuan DPRD Kabupaten Badung melalui penetapan APBD Kabupaten Badung tahun anggaran 2022,” katanya.

Baca Juga:

Sementara itu Ketua DPRD Badung Putu Parwata menyampaikan apresiasi atas kinerja Bupati bersama jajarannya atas penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Badung di tahun 2022, yang telah mampu melampaui target yang di telah ditetapkan.

“Kami memberikan apresiasi atas kinerja Bupati bersama jajarannya karena realisasi pendapatan Kabupaten Badung tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar Rp 1 triliun dari yang ditetapkan,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories