Desa Adat Pecatu Gelar Karya Ngenteg Linggih di Pura Batan Kepah dan Dalem Pengrubungan

Sekda Badung, Adi Arnawa hadir dalam Karya Ngenteg Linggih di Pura Batan Kepah dan Dalem Pengrubungan. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan, Badung menggelar karya Karya Ngenteg Linggih, Memungkah Wraspati Kalpa Agung di Pura Batan Kepah dan Dalem Pengrubungan pada Rabu, 29 Maret 2023. Upacara tersebut dipuput tiga orang sulinggih, yakni Ratu Pandita Dukuh Acharya Dhaksa, Ida Pandita Dukuh Celagi Dhaksa Dharma Kirti, dan Ida Rsi Bhujangga Wisnawa Gandhia Kusuma.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa mengatakan, terkait dengan pelaksanaan upacara tersebut, Pemkab Badung turut hadir berpartisipasi mendukung masyarakat melalui pemberian dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 2,5 miliar. “Tujuan dana hibah ini adalah untuk meringankan beban dari masyarakat terkait dengan pembangunan tempat ibadah yang ada di Kabupaten Badung,” katanya.

 Baca Juga:

Selain itu, pada kesempatan tersebut pihaknya juga menyerrahkan dana aci sebesar Rp 10 juta yang langsung diterima oleh Manggala Karya, I Wayan Sutuka serta langsung disaksikan oleh masyarakat setempat. Sekda juga sangat mengapresiasi semangat krama pengempon Pura dalam melaksanakan karya dengan semangat kebersamaan dan tulus ikhlas.

“Mewakili Bupati Badung, saya menghadiri karya melaspas di  Pura yakni Pura Batan Kepah dan Pura Dalem Pengrubungan Banjar Dinas Karang Boma, Desa Adat Pecatu. Saya juga menyerahkan bantuan yang kebetulan dana fisiknya dibantu melalui dana hibah sebesar Rp 2,5 Miliar. Mudah-mudahan dengan program ini tentu banyak hal yang bisa dirasakan masyarakat, setidaknya meringankan beban masyarakat terkait dengan pembangunan-pembangunan tempat ibadah. Kedepan tentu kita berharap dengan situasi yang semakin membaik ini, pemerintah semakin banyak bisa membantu masyarakat dalam membangun tempat ibadah,” katanya.

 Baca Juga:

Manggala Karya I Wayan Sutuka menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah banyak membantu pihaknya. Mulai dari pembangunan pura sampai melaksanakan Upacara Ngenteg Linggih, Mamungkah Wraspati Kalpa Agung Pura Batan Kepah dan Dalem Pengrubugan bisa terlaksana dan berjalan dengan lancar.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Pemkab Badung yang telah banyak membantu kami. Hingga pada hari ini upacara dapat berjalan dengan lancar dan sida sidaning don," katanya. rls/jpd

Editor: E. Ariana
Tags PecatubadungBali Bagikan

Related Stories