Pendaftaran My Pertamina untuk Memastikan Subsidi BBM Tepat Sasaran

Menyusul tingginya antusiasme masyarakat untuk turut serta dalam pendaftaran subsidi tepat BBM di Provinsi Bali sehingga Pertamina memperluas pelaksanaan pendaftaran My Pertamina. (Pertamina )

Denpasar, Balinesia.id  - Area Manager Communication, Relations & CSR Patra Niaga Jatimbalinus, Deden Mochhammad Idhani, menjelaskan, pendaftaran melalui website My Pertamina bukan untuk menyulitkan masyarakat namun melindungi masyarakat rentan yang sebenarnya berhak menikmati subsidi energi.

"Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak," tutur Deden Mochhammad Idhani, dalam keterangan resminya di Denpasar,(20/7/2022).

Menyusul tingginya antusiasme masyarakat untuk turut serta dalam pendaftaran subsidi tepat BBM di Provinsi Bali sehingga Pertamina memperluas pelaksanaan pendaftaran My Pertamina.

Pertamina memperluas pendaftaran melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id 

Diketahui, sejak dibuka 1 Juli 2022 lalu, antusias masyarakat cukup tinggi melakukan pendaftaran melalui My Pertamina untuk mendapatkan BBM bersubsidi baik pertalite dan solar.

Dari beberapa Kota dan Kabupaten yang dilakukan pendaftaran subsidi tepat pada 1 Juli 2022 kemarin, telah masuk lebih dari 135.000 data kendaraan melalui website subsiditepat.mypertamina.id tersebut.

Per 18 Juli 2022 telah dilakukan perluasan dengan total 519 Kota serta Kabupaten di Indonesia termasuk Kota Denpasar dan 8 Kabupaten di Bali yang meliputi Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Tabanan, Karangasem dan Klungkung dengan jumlah kurang lebih 2.300 pendaftar untuk wilayah Bali.  


Untuk kabupaten Karangasem dan Klungkung pendaftaran baru akan dibuka pada minggu ke IV bulan Juli 2022.

Dalam penyaluran BBM bersubsidi yaitu solar dan penugasan yaitu pertalite, ditemui banyak fakta penyaluran yang tidak tepat sasaran di mana pengguna yang seharusnya tidak berhak ikut mengkonsumsi BBM bersubsidi.

Ini tentunya akan membebani dan mempengaruhi kuota yang harus dipatuhi Pertamina Patra Niaga selaku badan usaha yang ditugaskan.

Subsidi tepat sasaran ini menjadi penting, mengingat Pemerintah sendiri telah berkontribusi besar mengalokasikan dana hingga Rp. 520 triliun untuk subsidi energi di tahun 2022.

Dalam memastikan subsidi energi dapat disalurkan tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga harus mematuhi regulasi yang berlaku, seperti Peraturan Presiden No. 191/2014 serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

Kemudian, Perpres No. 191/2014 masih dalam proses revisi untuk penetapan pihak-pihak yang berhak mendapatkan subsidi.

"Hal-hal yang terkait segmentasi pengguna, kuota  dan regulasi terkait penyaluran lain akan tertuang dalam regulasi tersebut yang pada saatnya akan diterapkan.

Pararel, Pertamina Patra Niaga selaku yang ditugaskan juga berinisiatif untuk memastikan penyaluran di lapangan ini bisa berjalan lebih tepat sasaran dengan memulai uji coba pendaftaran.

Pendaftaran dapat melalui aplikasi MyPertamina, website subsiditepat.mypertamina.id dan daftar langsung di SPBU yang ditunjuk " lanjut Deden Mochhammad Idhani.

Dipilihnya website MyPertamina pun bukan tanpa alasan. Sesuai Peraturan BPH Migas No. 06/2013, penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan. Mulai 1 Juli lalu, telah dilakukan uji coba pendaftaran melalui website MyPertamina yakni subsiditepat.mypertamina.id.


Adapun Booth pendaftaran di Bali sebagai berikut:

1. Kota Denpasar - Kantor Sales Area,  Jl. Sugianyar No. 10, Dangin Puri,Denpasar Timur,Kota Denpasar, Bali
2. Kota Denpasar - SPBU 5180130, Jl. Hayam Wuruk No.142, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Timur., Kota Denpasar, Bali 80239
3. Kota Denpasar - SPBU 5480138, Jl. Teuku Umar Barat, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80114
4. Kab Badung - SPBU 5480317, Jl Teuku Umar Barat, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung, Bali 80117
5. Kab Jembrana - SPBU 5482213, Kel. Pendem Kec. Negara, Kuta Utara, Badung, Bali
6. Kab Tabanan - SPBU 5482117,  Jl. By Pass Kediri, Kec. Tabanan, Kab Tabanan, Bali
7. Kab Bangli - SPBU 5480607, Jl. Kintamani Ds. Bayung Gedhe, Kintamani, Kab. Buleleng
8. Kab Buleleng - SPBU 5481102, Jl. Pang. Sudirman, Singaraja Kel. Banyuates Kec. Buleleng
9. Kab Jembrana - SPBU 5482202, Jl. Raya Gilimanuk, Ds. Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab Tabanan
10. Kab Tabanan - SPBU 5482102, Ds.Abiantuwung Kecamatan Kediri, Kab. Tabanan
11. Kab Gianyar - SPBU 5480504, Jl. Raya Semebaung - Ds.Bitra
12. Kab Badung - SPBU 5480308, Desa Kapal, Kecamatan Mengwi ***

Editor: Rohmat

Related Stories