Mal Terbesar Seluruh Tanah Air Tersebar di Jakarta dan Surabaya

Pengunjung melintas di area tetant salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (Foto: Ismail Pohan/TrenAsia)

Jakarta, Balinesia.id- Kota Surabaya dan Jakarta menjadi tempat berdirinya mal-mal atau pusat perbelanjaan terbesar di Tanah Air.

Mal menjadi bagian tidak terpisahkan dari perkembangan pembangunan sebuah kota.  Mal-mal besar itu biasa digunakan untuk berbelanja, menonton film, bermain, nongkrong atau aktivitas lainnya.

Fasilitas yang lengkap serta menarik untuk menggaet para pengunjung biasanya disediakan pihak mall. Bahkan, sejumlah mal seringkali diidentikan dengan kelas ekonomi masyarakat yang menjadi pengunjungnya, seperti mal kelas menengah, atas, dan umum.

Lantas, lima mal terbesar di Indonesia, di kota mana saja?, berikut rangkuman TrenAsia

1. Pakuwon Mall, Surabaya

Mal yang mulai beroperasi pada 2004 ini merupakan mal terbesar yang ada di Indonesia. Mal ini memiliki luas lantai yang diperkirakan mencapai 200.000 meter persegi.

Mal Pakuwon memiliki tiga lantai basement, enam lantai mal dan satu lantai exhibition hall. Selain menjadi pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai produk yang terbilang lengkap, mal ini biasanya juga dipakai untuk pameran, maupun pernikahan.

Terletak di daerah Surabaya lebih tepatnya di Jalan Mayjend Jonosewojo Nomor 2, Babatan, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Jawa Timur.


2. Tunjungan Plaza, Surabaya

Tunjungan Plaza, tercatat memiliki luas 170.000 meter persegi dan terdiri dari enam pusat perbelanjaan, di antaranya Tunjungan Plaza I, Tunjungan Plaza II, Tunjungan Plaza III, Tunjungan Plaza IV, Tunjungan Plaza V, dan Tunjungan Plaza VI.

Mal ini, selain menjadi mal terbesar di Indonesia, mal ini menjadi mal tertua di Surabaya yang mulai dibangun pada 1985 dan mulai beroperasi pada 1986. Tunjungan Plaza terletak di jalan Jenderal Basuki Rachmat Nomor 8-12, Kedungdoro, Tegalsari, Jawa Timur.

3. Summarecon Mal Kelapa Gading, Jakarta

Kemudian, Summarecon mal kelapa gading termasuk mal terbesar di Indonesia. Mal ini memiliki luas 150.000 meter persegi, yang dibangun pada 1975.

Terletak di sentra bisnis Kelapa Gading, Jakarta Utara yang memiliki fasilitas lengkap. Salah satu kegiatan rutin yang digelar di mal ini adalah food festival dan Jakarta Fashion yang didukung oleh pemerintah.

Berada di Jalan Boulevard Kelapa Gading Raya, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.
4. Grand Indonesia (GI) Jakarta

Mal ini terletak di bilangan MH Thamrin yang dijuluki jantung kotanya Jakarta. Mal ini tercatat memiliki luas lantai 140.000 meter persegi. Mal ini dibagi menjadi tiga yaitu mal barat terdiri dari sembilan lantai, mal timur terdiri dari delapan lantai, dan skybridge terdiri dari lima lantai.

Mal GI pertama kali beroperasi pada April 2007, dengan konsep family friendly lifestyle mall yang menyediakan berbagai kebutuhan keluarga dengan lengkap. Mal ini memiliki toko pakaian dari merek ternama hingga fasilitas menarik lainnya.

Grand Indonesia berlokasi di Jalan M.H. Thamrin Nomor 1 RT.1/RW.5, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

5. Mal Taman Anggrek, Jakarta

Jakarta tetap menjadi tempat-tempat mal tersebar seperti Mal Taman Anggrek ini memiliki luas bangunan sekitar 130.000 meter persegi, yang mulai beroperasi pada Agustus 1996.

Mal ini memiliki sebutan mal untuk kelas atas, karena biasanya menyediakan berbagai brand high end, klinik perawatan, restoran hingga bioskop. 

Lokasi Mal yang merupakan mal pertama yang menyediakan area ice skating indoor di Tanah Air, berada di Jalan Letjen. S. Parman Kav. 28, Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Nadia Amila pada 17 Jul 2022 

Bagikan

Related Stories