Pemkab Badung Gelontor Rp500 Juta untuk Piodalan di Pura Kahyangan Jagat Kancing Gumi

Adi Arnawa (kanan) memberikan dana hibah upacara kepada krama pengempon Pura Kancing Gumi, Petang, Badung. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung menggelontor bantuan dana upacara sebesar Rp500 juta untuk membantu masyarakat Desa Adat Batulantang, Petang, Baduung. Dana tersebut diperuntukkan untuk membantu pelaksanaan upacara piodalan di Pura Kahyangan Jagat Kancing Gumi.

Krama Desa Adat Batulantang, Petang, Badung saat ini tengah melaksanakan piodalan Piodalan Nyatur Muka/Nyatur Mukti, Mapanyegjeg Jagat, Wraspati Kalpa Agung, Mapadudusan Alit di Pura Kahyangan Jagat Kancing Gumi di Pura Kahyangan jagat Kancing Gumi.

Adapun upacara tersebut akan jatuh pada Buda Umanis Prangbakat, bertepatan dengan Purnama Kedasa, Rabu, 5 April  2023. Upacara akan digelar nyejer sampai tanggal 12 April 2023.

Baca Juga:

“Dalam kesempatan yang baik ini pula Pemerintah Kabupaten Badung memberi bantuan dana upacara sebesar Rp500 juta. Bantuan ini merupakan bagian dari program Bapak Bupati Badung untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat khususnya di Kabupaten Badung dan Bali pada umumnya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa ketika menghadiri upacara tersebut mewakili Bupati Badung pada Kamis, 30 Maret 2023.

Baca Juga:

Adi Arnawa menyampaikan rasa syukur dan bahagia karena bisa hadir turut menyaksikan dan ikut dalam upacara tersebut. “Kepada masyarakat semua saat melaksanakan upacara ini diharapkan dengan hati yang tulus dan ikhlas dengan memiliki etikat yang baik agar pelaksanaan karya ini sukses dan lancar seperti yang diharapkan dan juga merupakan stiti bakti kita kepada Ida Betara-Betari yang berstana di Pura Kahyangan Jagat Kancing Gumi," katanya.

Editor: E. Ariana

Related Stories