Pastikan Ngaben Berjalan sesuai Prokes, Babinsa Terjun di Songan

Pelaksanaan ngaben di Songan, Kintamani. (Istimewa)

Bangli, Balinesia.id Jajaran Kodim 1626/Bangli, tepatnya Babinsa Koramil 1626-04/Kintamani di Desa Songan, Kintamani melakukan pengamanan pelaksanaan ngaben di desa setempat, Rabu, 29 September 2021. Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Babinsa bersinergi dengan Babinkamtibmas dan Pecalang setempat untuk melaksanakan pengamanan.

Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf. I Gde Putu Swardana, S.I.P, mengatakan jajarannya melakukan pengamanan pelaksanaan ngaben agar upacara berjalan lancar dan aman menurut protokol kesehatan. “Saya memberikan apresiasi kepada Babinsa yang sudah melaksanakan kegiatan pengamanan kegiatan di masa pandemi agar kegiatan sesuai protokol kesehatan,” katanya.

      Baca Juga:

Suwardana mengatakan, antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 wajib dilakukan oleh semua orang, termasuk dalam pelaksanaan upacara keagamaan. Oleh karena itulah, pelaksanaan prokes menjadi syarat wajib, sehingga tidak terjadi klister baru Covid-19. “Dengan adanya pengamanan ini diharapkan masyarakat bisa mentaati protokol kesehatan sehingga tidak terjadi klaster baru,” kata dia.

Ia menjelaskan, upacara ngaben merupakan tradisi umat Hindu Bali untuk memproses kembalinya panca maha bhuta atau lima unsur dasar penyusun semesta dan manusia menurut keyakinan agama Hindu. Dengan mengembalikan kelima unsur itu, diharapkan atma atau roh bisa berjalan kea lam pitra dengan memutuskan ikatan duniawi. jpd 

Editor: E. Ariana

Related Stories