Pasikian Yowana Jembrana Gandeng Sejumlah Komunitas “Mareresik” di Pura Rambut Siwi

aksi mareresik Pasikian Yowana Jembrana di Pura Rambut Siwi. (Balinesia.id)

Jembrana, Balinesia.idPasikian Yowana Kabupaten Jembrana bersinergi bersama sejumlah komunitas di Kabupaten Jembrana sinergi melakukan aksi bersih-bersih (mareresik) di kawasan suci. Program yang disebut sebagai “Yowana Mareresik” itu digelar di kawasan Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu, 26 September 2021.

Adapun komunitas yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut adalah Prajuru Pasikian Yowana Kabupaten Jembrana, Pasikian Yowana Kecamatan Mendoyo, Yowana Desa Adat Yehsumbul, Yehembang Kangin, Yehembang, dan Yehembang Kauh. Kemudian ada elemen Peradah Indonesia Jembrana, Kesatria Keris Jembrana, Jegeg Bagus Jembrana, serta We Do Something (WDS) Jembrana.

Manggala (Ketua) Paiketan Yowana Kabupaten Jembrana, I Putu Feri Priyandana menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian pihaknya pada lingkungan.

     Baca Juga:

Pihaknya pun mengucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dengan dalam kegiatan tersebut. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Pangempon Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi yang sudah memberikan ijin dan fasilitas selama kegiatan berlangsung.

"Setelah ini kita akan lanjutkan dan kita prioritaskan dulu untuk beberapa pura di Kabupaten Jembrana," katanya dalam kegiatan yang digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan itu.

Sementara itu, Bendesa Yehembang Kangin, Ida Bagus Ketut Gunarta, dalam sambutannya sangat mengapresiasi gerakan tersebut. Selain sebagai wujud partisipasi generasi muda dalam menjaga dan melestarikan alam, khususnya areal pura, kegiatan tersebut juga dinilai sebagai ajang untuk saling mengenal antar sesama yowana dan organisasi lainnya.

     Baca Juga:

"Dengan demikian akan mempererat tali silaturahmi.  Saya berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan," katanya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mentaati protokol kesehatan. Kegiatan dimulai dengan melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Dang Kahyangan Rambut Siwi, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembersihan di sekitar areal pura.

Setelah kegiatan ngayah di Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi, Prajuru Yowana Kabupaten Jembrana bersama Jegeg Bagus Jembrana melanjutkan kegiatan memberikan donasi dan sumbangan ke Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo. Donasi diberikan kepada beberapa warga yang terdampak banjir pada hari Senin, 20 September 2021 lalu. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories