Covid-19 Naik di Sejumlah Negara, Bali Selektif Terima Kedatangan Wisman

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau yang lebih akrab disapa Cok Ace saat menjadi narasumber dalam perbincangan dari Hotel Puri Santrian, Denpasar. (Humas Pemprov Bali)

Denpasar, Balinesia.id – Melihat perkembangan kasus Covid-19 yang akhir-akhir ini naik lagi di beberapa negara kemungkinan Bali akan lebih selektif memilih negara asal wisman.

Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau yang lebih akrab disapa Cok Ace saat menjadi narasumber dari Hotel Puri Santrian, Denpasar.

Cok Ace  bersama Ketua Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Azahari dari kediamannya dalam wawancara secara langsung sebuah stasiun televisi pada Minggu 26 September 2021.

Mengenai tempat wisata mana yang duluan akan dibuka, tokoh Puri Ubud ini mengaku awal jadwal vaksinasi massal pada Februari yang lalu, ada tiga zona hijau yang akan dibuka yaitu Nusa Dua, Sanur dan Ubud.

“Hal itu ditetapkan karena kita belum bisa mapping ketersediaan vaksin untuk Bali,” tuturnya.

Hanya saja, dia melihat ketersediaan vaksin yang memadai dan sudah hampir rampung, ia optimis seluruh Bali bisa dibuka untuk wisman.

“Kami sudah mencatat beberapa negara berdasarkan length of stay di Bali. Ada sekitar empat negara yaitu Amerika, Inggris, Jerman dan Rusia yang rata-rata tinggal di Bali 2 minggu. Tapi itu juga tergantung regulasi, karena itu kita harus benar-benar menyiapkan,” jelasnya.

Lebih dari itu, Wagub juga mengatakan persiapan internal saat ini benar-benar harus dikebut agar bisa membuka pariwisata Bali, seperti term-term regulasi dalam Permenkumham no 34 tahun 2021.

Pemerintah juga menurutnya harus memyiapkan berbagai skenario untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

“Kita harus siapkan plan A, plan B dan seterusnya. Tentu saja kita tidak ingin seperti negara lain seperti Singapore, yang awalnya sudah mau berdamai dengan COVID-19 namun sekarang menghadapi situasi buruk lagi,” tandasnya. (roh)

Editor: Rohmat

Related Stories