Mutasi Polri Bergerak, 7 Kapolda Dirotasi

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (tengah). (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Gerbong mutasi di tubuh Polri bergerak. Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi 473 persenel, termasuk di antaranya 7 kapolda.

Kebijakan mutasi itu tertuang dalam empat surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/712/III/Kep./2023, ST/713/III/Kep./2023, ST/714/III/Kep./2023 dan ST/715/III/Kep./2023. Semuanya tertanggal 27 Maret 2023 dan ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan yang diterima di Denpasar, Rabu, 29 Maret 2023 membenarkan perihal mutasi dan rotasi yang dilakukan Kapolri. “Jadi pada hari ini Pak Kapolri mengeluarkan 4 TR mutasi. Dari TR mutasi tersebut, jumlah keseluruhan yang mengalami rotasi dan mutasi ada 473 personel,” katanya.

Baca Juga:

Dari ratusan personel yang dimutasi, tujuh Kapolda mengalami pergantian. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mendapatkan promosi jabatan menjadi Kabaharkam Polri. Ia menggantikan Komjen Arief Sulistyanto yang memasuki pensiun.

Selanjutnya, pengganti Irjen Fadil adalah Irjen Karyoto yang sebelumnya menjadi Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kapolda Jawa Barat akan sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Akhmad Wiyaguscakan menggantikan Irjen Pol Suntana yang memasuki purnatugas. 

Baca Juga:

Di Lampung, Kapolda Lampung yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Akhmad Wiyagus akan digantikan oleh Irjen Pol Helmy Santika. Posisi Helmy Santika yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Gorontalo akan diisi Irjen Pol Angesta Romano Yoyol.

Lalu, Kapolda Kalimantan Barat akan dipimpin oleh Brigjen Pol Pipit Rismanto. Dilanjutkan dengan posisi Kapolda Sulawesi Selatan yang sebelumnya dijabat Irjen Nana Sudjana akan berganti ke Irjen Pol Setyo Boedi Moemponi Harso. 

Baca Juga:

Selanjutnya ada Kapolda Sulawesi Tengah yang akan dijabat Irjen Pol Agus Nugroho. Sementara itu, Irjen Agus menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi yang dimutasi sebagai Pati Lemdiklat Polri.

Selain mutasi Kapolda, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar juga dimutasi sebagai pati Densus 88 Antiteror Polri. Sedangkan, Komjen Boy memasuki masa pensiun.

Ia menambahkan, jenderal bintang tiga lainnya yang mengalami mutasi dan rotasi adalah Komjen Rycko Amelza Dahniel dimutasi sebagai pati Densus 88 Antiteror Polri. Jabatan sebelumnya Komjen Rycko yaitu Kelemdiklat Polri akan diisi oleh Komjen Purwadi Arianto. rls/jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories