Semua Kebijakan Pemprov Bali Telah Lalui Kajian

Kelompok Ahli Pemprov Bali dan Ketua TP PKK Provinsi Bali berfoto bersama usai dialog interaktif. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id - Koordinator Kelompok Ahli Bidang Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Prof. I Made Damriyasa, menegaskan berbagai kebijakan yang dikeluarkan Pemprov Bali, termasuk pengembangan dan pembangunan infrastruktur telah melalui kajian.

"Pembangunan infrastruktur tidak hanya untuk membantu masyarakat namun juga untuk mengembangkan ekonomi masyarakat itu sendiri,” katanya dalam sebuah dialog interaktif, Selasa, 28 Maret 2023.

Baca Juga:

Ia mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat Bali melalui Ekonomi Kerthi Bali. Upaya tersebut dilakukan dengan cara menyeimbangkan enam sektor potensi perekonomian Bali. 

"Keenamnya adalah sektor pertanian dalam arti luas, sektor perikanan, sektor industri, sektor UMKM, sektor teknologi digital, dan sektor pariwisata," kata dia.

Baca Juga:

Hal senada dinyatakan Kelompok Ahli Bidang Infrastruktur Pemerintah Provinsi Bali, Made Arca Eriawan. Menurutnya pengembangan infrastruktur sangat penting untuk dilakukan. 

“Infrastruktur ini merupakan urat nadi dari apa yang sudah dirancang oleh Bapak Gubernur agar bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Ditambahkan, pembangunan infrastruktur yang dilakukan tidak hanya menggunakan anggaran daerah atau APBD namun mayoritas menggunakan APBN Pemerintah Pusat.

Baca Juga:

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, menyatakan pentingnya partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mensukseskan program-program kerja pemerintah.

 “Mari kita belajar peduli dengan hal-hal baik yang dilakukan oleh pemimpin kita serta mendukungnya melalui bidang kita masing-masing,” kata dia.

Ia menambahkan seluruh kerja nyata yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali saat ini tujuannya tidak lain adalah untuk mensejahterakan masyarakat Bali salah satunya adalah dengan pembangunan infrastruktur yang masif dilakukan oleh pemerintah.

Seperti diketahui, saat ini terdapat 8 proyek infrastruktur yang telah dan sedang digenjot pembangunannya oleh Gubernur Koster antara lain Penataan Kawasan Suci Besakih, Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali (PKB), Pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani, Pembangunan Tol Jagat Kerthi Bali, Pembangunan Pelabuhan Segitiga Sanur-Sampalan-Bias Munjul, Pembangunan Bali Maritime Tourism Hub, Pembangunan Bendungan Sidan dan Bendungan Tamblang, serta Pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories