Metode Membuat Password yang Kuat Agar Keamanan Terjaga

Metode Membuat Password yang Kuat Agar Keamanan Terjaga (Pexels.com/Pixabay)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, semakin berkembangnya teknologi dengan adanya internet memang memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Hanya dengan menggunakan perangkat sederhana seperti smartphone, kita bisa saling terhubung dan melakukan banyak aktivitas, seperti berbelanja, transfer uang, bekerja, dan sebagainya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa semakin majunya perkembangan teknologi, penipuan dan kejahatan online semakin marak terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda melakukan tindakan pencegahan salah satunya dengan membuat password atau kata sandi yang kuat agar keamanan lebih terjaga.

Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat

Jika Anda pernah diretas di Instagram atau perlu mengetahui cara memulihkan akun Facebook yang telah diretas, Anda tentu mengetahui pentingnya memilih password yang baik.

Namun, keamanan password tidak terlalu memusingkan. Berikut beberapa cara membuat password yang rumit dan unik untuk setiap akun online tanpa mengulanginya.

1. Gunakan Password Generator

Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, gudang password digital ini menyimpan dan melindungi password untuk semua akun online Anda. Selain itu, layanan ini sering kali dapat memberikan saran kata sandi yang kuat dan unik untuk Anda gunakan.

Anda juga dapat menemukan password generator gratis secara online. Norton Identity Safe Password Generator memungkinkan Anda untuk menyesuaikan setiap password berdasarkan panjang dan jenis karakter, termasuk huruf, angka, huruf campuran, dan tanda baca.

2. Pilih Parafrase

Khawatir kerepotan mengingat password yang telah Anda buat? Anda bisa menggunakan password yang berasal dari parafrase.

Anda akan terkejut betapa mudahnya mengingat frasa yang lebih panjang jika frasa tersebut memiliki arti tersendiri secara pribadi bagi Anda, daripada password yang berisi kata pendek dan tidak Anda mengerti artinya.

Oleh karena itu, untuk memiliki lapisan keamanan dengan password yang kuat, coba pilih frasa yang bermakna bagi Anda, seperti lirik lagu favorit atau kalimat pertama buku favorit Anda.

3. Sesuaikan Kalimat yang Anda Ingat dengan Simbol

Sementara hacker seringkali menebak password Anda dengan nama-nama hewan peliharaan Anda, kalimat atau satu baris dari buku kesukaan Anda bisa menjadikannya sebuah frase untuk password yang unik dan sulit ditebak. Tentu, Anda sebaiknya tidak membagikan frasa favorit Anda tersebut di seluruh media sosial Anda.

Jadi, begitu Anda memilih frasa sandi yang muda diingat, tingkatkan keamanan password Anda dengan mengganti huruf dengan simbol atau angka. Misalnya, huruf S diganti dengan simbol dolar, huruf A bisa menjadi simbol @, dan sebagainya.

Itu tadi beberapa cara membuat password unik agar keamanan Anda tetap terjaga. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories