Mensos Risma Terus Bangun Solidaritas dan Toleransi terhadap Kesulitan Masyarakat

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan perhargaan kepada Kepala Daerah dan lembaga Televisi serta lembaga sosial yang menggerakkan organisasinya dalam visi kemanusiaan yang memberikan perhatian kepada korban bencana d Klungkung Bal, Selasa, (20/12/2022). (Humas Pemprov Bali)

Kkungkung, Balinesia.id - Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini mengajak semua pihak menjadikan negeri ini sebagai negara yang memiliki solidaritas dan toleransi tinggi untuk peka terhadap kesulitan orang lain. 

Hal itu disampaikan Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan perhargaan kepada Kepala Daerah dan lembaga Televisi serta lembaga sosial yang menggerakkan organisasinya dalam visi kemanusiaan yang memberikan perhatian kepada korban bencana d Klungkung Bal, Selasa, (20/12/2022).

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengucapkan terima kasih kepada Kepala Daerah, pimpinan OPD dan lembaga kemasyarakatan bahkan stasiun televisi yang sudah tergerak mengumpulkan donasi diperuntukkan kepada korban bencana.

Salah satunya yang terakhir adalah bencana yang terjadi di Kota Cianjur, Jawa Barat.

“Mari kita jadikan negeri ini sebagai negara yang memiliki solidaritas dan toleransi tinggi untuk peka terhadap kesulitan orang lain," ajaknya.

Jangan sampai ada lagi tetangga yang meninggal karena kelaparan seperti yang terjadi di Kalideres, Jawa Barat pada bulan November lalu.

Dia berpesan kepada semua orang bahwa jangan sampai menjadi anak yang durhaka dan membiarkan orangtuanya terlonta – lonta di jalan raya (mengemis atau masih mencari nafkah).

"Terlebih dititipkan di panti jompo, jangan sampai itu terjadi, karena kita terlahir, besar dan berpendidikan seperti saat ini adalah karena perjuangan orangtua kita di jaman dahulunya”, tegas Mensos Risma

Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka Sukawati mengucapkan rasa terima kasihnya kepada lembaga kesejahteraan sosial, para relawan BUMN, BUMD dan pilar-pilar sosial sekaligus masyarakat luar yang secara bersama-sama mewujudkan solidaritas untuk memperkuat ketahanan sosial, kesetiakawanan sosial menuju Indonesia sejahtera.

"Selain itu, sejumlah program prioritas pusat yang disalurkan oleh Menteri Sosial RI juga menjadi program terencana pembangunan Provinsi Bali sebagai implementasi dari visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali," imbuhnhya.

Pihaknya bersyukur Bali kembali terpilih sebagai tempat diselenggarakannya peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Disabilitas Internasional dan Tahun 2022.

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Disabilitas Internasional dan Tahun 2022, saya harapkan menjadi momentum semakin eratnya persaudaraan kita antara yang satu dengan yang lain, sekaligus menghilangkan adanya perbedaan antara yang satu dengan yang lain (penyandang disabilitas)”, ungkap Wagub Bali yang disapa Cok Ace ini.

Peringatan Hari Kesetiawanan Sosial Nasional setiap tanggal 20 Desember, sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan nilai – nilai Pancasila.

" Mengamalkan semangat kesetiakawanan sosial sebagai tujuan kita bersama untuk memajukan kesejahteraan umum dan memajukan keadilan sosial.

Program prioritas ini dilaksanakan dan disukung segenap komponen pemerintahan dan masyarakat secara tertata yang dilandasi oleh Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernur yang sangat progresif, transpormatif dan inovatif yang berpihak pada kearifan lokal dan sumber daya lokal, agar mampu mendorong berbagai perubahan dalam kehidupan tatanan Bali Era Baru’, imbuh Cok Ace.

 


Related Stories