Melaspas Pura Dalem Bagendra Penarungan Mengwi, Pemkab Badung Gelontor Rp 2,9 Miliar

Sekda Badung, Adi Arnawa secara simbolis menyerahkan dana hibah kepada pangempon Pura Dalem Bagendra, Badung. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung menggelontor dana hibah Bupati Badung sebesar Rp 2,95 miliar rupiah pada upacara Melaspas Pura Dalem Bagendra, Banjar Dangin Peken, Penarungan, Badung. Dana hibah tersebut diserahkan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Badung, I Wayan Adi Arnawa pada Sabtu, 18 Februari 2023.

Dalam sambutannya, Adi Arnawa mengatakan pemerintah Kabupaten Badung senantiasa mendukung masyarakat dalam bidang kebudayaan, adat, dan agama. Pihaknya juga mengapresiasi persatuan masyarakat setempat yang telah bergotong royong, bersama-sama dalam ngayah membangun pura hingga bisa diresmikan melalui upacara tersebut.

Baca Juga:

“Saya minta kepada semeton (saudara, red) untuk bersatu, karena Guru Wisesa (pemerintah, red) di Jagat Badung sudah memberikan perhatian kepada masyarakat di Kabupaten Badung seperti saat sekarang semeton disini melaksanakan karya melaspas,” katanya.

Adi Arnawa menyebutkan, pelaksanaan upacara yang dilakoni secara ikhlas pasti akan mendatangkan berkah dan aura yang positif. Berkah dan sinar suci dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa diyakini dapat menghadirkan karahayuan dan kesejahteraan.

Baca Juga:

Panitia Karya, I Wayan Sudiarta mengatakan pura tersebut telah dibangun sejak tahun 2017, di mana kala itu pihaknya mendapat dana hibah senilai Rp 1,3 miliar untuk pembangunan bale sekah dan bale gong. 

Selanjutnya pada tahun 2019, Banjar Dangin Peken kembali mengajukan proposal ke Pemkab Badung terkait penataan pembangunan balai banjar dan persiapan pemindahan palinggih di Pura Dalem Bagendra. Proposal itu telah disetujui oleh Bupati Badung, namun karena adanya Covid-19, sehingga rencana tersebut ditunda hingga awal tahun 2022. 

Baca Juga:

Pada bulan Oktober tahun 2022 akhirnya keluar hibah dari Bupati Badung sebesar Rp 2,95 miliar yang akan digunakan untuk pemindahan Pura Dalem Bagendra dan restorasinya, juga untuk rehab Bale Banjar Dangin Peken. 

“Pada kesempatan yang baik ini, kami mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung atas motivasi dan bantuannya,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories