Lawan Pengekangan, Palguna Siapkan Pameran Tunggal

Made Arya Palguna berfose dengan salah satu karyanya (Balonesia.id)

Denpasar, Balinesia.id -  Perupa Bali, I Made Arya Palguna, terus berupaya "melawan" pengekangan yang disebabkan pandemi Covid-19. Pemberontakannya akan diaktualisasi dalam sebuah pameran tunggal pada Oktober 2021 mendatang.

Pameran tunggal yang rencananya akan digelar di SIKA Gallery itu dibocorkan mengambil tema "Fragment of Desire". Belasan karya disebut akan dihadirkan dalam pameran tersebut.  

"Pamerannya rencana Oktober ini. Karya-karyanya nanti tentang catatan selama Covid-19. Maksudnya, kerja kreatif dalam suasana Covid-19. Ada antara 10 sampai 15 buah karya lukis dan 2 buah karya instalasi," kata Palguna kepada Balinesia, 6 Agustus 2021.

Ia membocorkan, karya-karya itu dilatari ide-ide situasi selama pandemi Covid-19. Karya-karyanya menggambarkan harapan-harapan yang terkekang selama pandemi Covid-19 menyebar.

"Karyanya tentang keinginan selama dikungkung dalam situasi pandemi. Kadang manusiakan ketika dikekang maka akan nongol keinginan-keinginan yang terlewatkan ketika dia dalam suasana bebas atau normal life," katanya.

Bagi Palguna, pameran itu juga berupa menggugat pandangan pemusnahan kreativitas oleh keterkekangan pandemi. Sebagai seorang perupa, selama pandemi ia terus berupaya kreatif.

"Selama pandemi, saya hasilkan banyak karya, tapi nanti saya seleksi mana yang akan dipamerkan, sampai dapat yang maksimal karya. Kemungkinan sekitar angka-angka itu, 10 sampai 15. Tidak banyak-banyak. Rata-rata karya on paper," pungkas seniman jebolan ISI Yogyakarta ini. jpd

Editor: Jero P. Ariana
Jero P. Ariana

Jero P. Ariana

Lihat semua artikel

Related Stories