Kunjungi Desa Energi Berdikari Keliki, Puteri Indonesia Bali 2024 Dukung Pengurangan Emisi Gas Karbon

Kedatangan Putri Indonesia Bali 2024, wujud kepedulian pentingnya transformasi energi dan pengurangan emisi gas karbon di dunia. Rombongan Puteri Indonesia Bali 2024 bersama Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus mengunjungi Desa Energi Berdikari Keliki. (Pertamina)

Gianyar, Balinesia.id - Sebagai bentuk dukungan Puteri Indonesia Bali 2024 dalam transformasi energi dan pengurangan emisi gas karbon di dunia mereka mengunjungi Desa Energi Berdikari Keliki di Kabupaten Gianyar.

Kedatangan Putri Indonesia Bali 2024, wujud kepedulian pentingnya transformasi energi dan pengurangan emisi gas karbon di dunia. Rombongan Puteri Indonesia Bali 2024 bersama Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus mengunjungi Desa Energi Berdikari Keliki.

Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan, program Desa Energi Berdikari Keliki ini merupakan salah satu wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina yang mana pelaksanaannya sejalan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) dengan semangat Energizing Community.

Dikatakan, Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan.

"Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan," tandas Ahad Rahedi dalam keterangan tertulisnya Kamis 8 Februari 2024.

Dengan semakin banyaknya kunjungan masyarakat, lembaga, instansi hingga organisasi dunia ke Desa Keliki ini tentunya akan membuat TJSL Pertamina semakin dikenal di mata dunia.

"Harapan kami tentunya semoga program yan telah berjalan disini dapat terus menjadi percontohan bagi kegiatan kemasyarakatan," sambungnya.

Pada kesempatan kerja sama kali bersama Putri Indonesia Bali 2024, harapannya Putri Indonesia Bali 2024, semakin memperkenalkan Desa Keliki sebagai pariwisata energi.

"Yang tentunya mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan pariwisata lainnya yang ada di Bali bahkan di Indonesia sendiri,” demikian Ahad Rahedi.

turut mempromosikan desa wisata Keliki di Kabupaten Gianyar yang ramah lingkungan mandiri secara energi.

Bertempat di area subak Desa Wisata Keliki, kehadiran Puteri Indonesia Bali 2024 Ketut Permata Juliastrid Sari, Runner up 2 Puteri Indonesia Bali 2024 Zasa Zefanya dan Puteri Indonesia Bali Persahabatan 2024 Ni Kadek Dea Ananda disambut hangat prajuru Desa keliki Gianyar.

Tidak hanya bentuk pembelajaran akan energi baru dan terbarukan, kehadiran Puteri Indonesia Bali 2024 merupakan salah satu kegiatan untuk promosi wisata yang ada di Desa Wisata Keliki yang memang dikenal dengan wisata alamnya khususnya sektor pertanian.

Lenny Hartono selaku License Holder Puteri Indonesia Bali, mengajak Puteri Indonesia Bali 2024 agar kehadirannya bisa memiliki dampak positif kepada seluruh masyarakat Bali dari berbagai sektor termasuk sektor pariwisata.

Desa Wisata Keliki dinilai sangat cocok untuk dikembangkan, dibawah binaan dan bimbingan Pertamina Integrated Terminal Manggis, Desa Keliki menjadi Desa Wisata yang sangat wajib dikunjungi ketika ke Ubud, Tegalalang dan sekitarnya.

Desa Energi Berdikari Keliki sangat memberikan dampak positif kepada lingkungan dan masyarakatnya dimana melalui kerja sama dengan Pertamina mampu membuat TPS3R yang secara langsung menyadarkan masyarakat untuk peduli lingkungan dengan memilah sampah langsung dari rumah dengan tujuan Desa wisata ramah lingkungan yang mandiri secara energy.

Kata Community Development Officer Pertamina Integrated Terminal Manggis Prajna Paramita, Desa Energi Berdikari Keliki sudah berlangsung selama 2 tahun dimana fokus di tahun pertama adalah pengadaan solar panel dan pada tahun kedua difokuskan ke empat program yaitu program Pertamina Sehat, Pertamina Cerdas, Pertamina Berdikari dan Pertamina Hijau.

Diungkapkan, Pertamina Sehat di posyandu merupakan program pendampingan conseling terhadap ibu-ibu hamil, pengecekan dan penimbangan bayi, serta pengadaan mainan untuk merangsang motorik anak-anak.

"Selain itu ada juga edukasi terkait kesadaran diri tentang lingkungan dan bagaimana pentingnya memilah sampah dari rumah,” jelas Prajna Paramita.

Untuk program Pertamina Cerdas lebih menyasar ke Paud, Taman Kanak-Kanak sampai Sekolah Dasar.

Pada program ini anak-anak diajarkan memilah sampah dari rumah untuk dibawa kesekolah, dan yang paling bagus serta rajin memilah sampah akan mendapatkan reward.

Kemudian untuk Pertamina Hijau merupakan program pembentukan pertanian organik dengan sistem yang men-sinergikan TPS3R dengan subak agar mengasilkan padi organik.

Sedangkan untuk program Pertamina Berdikari salah satunya adalah pendampingan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan penataan area TPS3R,” demikian Prajna Paramita.

Pertamina menaruh harapan Puteri Indonesia Bali turut membantu mengenalkan mempromosikan Desa Keliki sebagai pariwisata energi di Pulau Bali.

 


Related Stories