Kodim 1626/Bangli Tebar 12 Ribu Benih Ikan Mujair

Penebaran benih ikan mujair di Danay Batur oleh Dandim 1626/Bangli (Istimewa)

Bangli, Balinesia.id - Kodim 1626/Bangli menebar 12 ribu ekor benih ikan mujair di Danau Batur, Selasa, 1 Februari 2022. Penebaran benih ikan mujair di Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Batur dilakukan sebagai bentuk dukungan program ketahanan pangan pemerintah di tengah pandemi.

Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, S.I.P., mengatakan pada kesempatan itu pihaknya menebar benih ikan di KJA milik I Nengah Broto di Desa Kedisan. Adapun ribuan benih tersebut ditebar dalam KJA seluas 4x8 meter. 

Baca Juga:

Benih ikan mujair tersebut ditempatkan pada empat lubang kerambah yang masing masing lubang kerambah diisi 3.000 ekor benih ikan mujair. Pada penebaran benih yang turut didampingi Pgs. Danramil 1626-04/Kintamani, Kapten Inf I Made Yudha Kencana dan Babinsa Kedisan Sertu Nengah Koding, Suwardana mengatakan perawatan dan pemeliharaan rutin selanjutnya akan dilakukan oleh Babinsa Kedisan bersama dengan pemilik lahan.

 “Budidaya ikan keramba jaring apung dilakukan untuk mendukung penguatan ketahanan pangan yang merupakan salah satu faktor penting demi keberlangsungan roda perekonomian dan kehidupan di tengah situasi pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Menurutnya pangan merupakan faktor vital untuk keberlangsungan kehidupan. Untuk itu, berbagai upaya perlu dilakukan dalam menguatkan ketahanan pangan, salah satunya dengan budidaya ikan KJA yang dilaksanakan.

“Budidaya ikan mujair dengan sistem keramba jaring apung ini merupakan salah satu cara budidaya pembesaran ikan mujair  yang efisien dan efektif, model sistem budidaya ini telah terbukti lebih efisien, baik efisien secara teknis ataupun ekonomis. Dengan luasan media yang sempit, kita bisa melipat gandakan hasil panen ikan tanpa harus menambah biaya yang besar,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories