Keunikan 11 Peraturan Atlet di Olimpiade Paris 2024 yang Harus Dipatuhi

11 Peraturan Unik yang Harus Dipatuhi Atlet Selama Olimpiade Paris 2024 (null)

JAKARTA - Perlu Anda ketahui bahwa atlet Olimpiade harus bermain sesuai dengan aturan, baik di dalam maupun di luar kompetisi. Desa Olimpiade atau Perkampungan Olimpiade yang ikonik kembali ke Paris satu abad setelah akomodasi atlet pertama dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1924. Hal tersebut dikarenakan Olimpiade 2024 kembali berlangsung di ibukota Prancis.

Ketika bersaing dengan yang terbaik di dunia dan tinggal di tempat yang sama, tidak mengherankan bahwa aturan dan pedoman ditegakkan untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan pesaing setiap negara.

Direktur Desa Olimpiade Tim AS Daniel Smith, berbicara dengan PEOPLE tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan para atlet di rumah sementara mereka.

Namun, penting untuk diketahui bahwa setiap delegasi memiliki seperangkat pedomannya sendiri. “Ada negara lain yang memiliki aturan berbeda,” kata Smith. “Setiap delegasi mengelolanya secara berbeda,” jelasnya.

Hal yang sama berlaku untuk siapa saja yang diizinkan memasuki Desa Olimpiade. Meskipun atlet diizinkan untuk berbaur dengan negara lain, ada kebijakan ketat terkait dengan masuknya non-atlet ke area tersebut.

Lalu, apa saja aturan-aturan di Olimpiade Paris 2024?

Dilansir dari People, berikut beberapa aturan unik yang harus dipatuhi para atlet selama Olimpiade Paris 2024:

Peraturan Unik yang Harus Dipatuhi Atlet Selama Olimpiade Paris 2024

1. Atlet Harus Tinggal Bersama Tim Negaranya

Akomodasi Jerman di Desa Olimpiade Paris 2024. (Michael Kappeler/aliansi gambar/Getty)

Atlet harus tinggal bersama tim yang diwakilinya, jadi Tim AS harus tinggal bersama Tim AS. “Kami tidak bisa berbagi apartemen dengan negara lain,” tegas Smith.

“Ada beberapa zona hunian di Perkampungan Olimpiade,” jelasnya. “Mereka menyebutnya warisan. Zona ini dibangun dan akan diberikan kepada masyarakat atau dijual di masyarakat setelah pertandingan, jadi ini adalah gedung apartemen yang nantinya akan menjadi menara tersendiri.”

Untuk persiapan Olimpiade, Smith mengatakan asrama tersebut menyerupai sekumpulan bangunan Jumlah kamar yang diberikan kepada suatu negara bergantung pada jumlah delegasi.

“Kami berada di klaster Bastille. Kami memiliki 90% klaster ini. Secara teknis, klaster ini terdiri d ari empat gedung,” jelasnya, sambil menjelaskan bahwa mereka tidak memiliki lantai atas di salah satu gedung. “Dua di antaranya setinggi 11 lantai, dan dua lainnya setinggi delapan lantai. Jumlah kamar tidurnya kurang lebih 600. Setiap gedung memiliki konfigurasi yang sama sekali berbeda.”

2. Keluarga dan Teman Tidak Boleh Masuk Desa Olimpiade

Meskipun setiap delegasi mengelola akses masuk ke Perkampungan Olimpiade secara berbeda, Smith menegaskan Tim AS hanya mengizinkan atlet dan staf tertentu masuk ke tempat tinggalnya.

Artinya, keluarga dan teman atlet tidak diperbolehkan masuk ke Olympic Village. Namun, jika atlet ingin bertemu dengan keluarga dan teman-temannya, mereka diperbolehkan melakukannya—hanya saja tidak di Desa Olimpiade.

3. Atlet Menyusui Boleh Membawa Bayi ke Desa Olimpiade

Ada satu pengecualian terhadap pembatasan akses keluarga dan teman di Desa Olimpiade. Yaitu, atlet yang merupakan ibu menyusui diizinkan membawa bayi mereka ke dalam Panti Asuhan Desa.

“Ada tempat penitipan anak khusus yang dikelola oleh P&G dan mereka memiliki waktu khusus yang dialokasikan untuk masuk dan menyusui,” jelasnya.

“Sangat membantu bagi kedua orang tua dan bayi untuk dapat menghabiskan waktu bersama, terutama pada momen penting dalam kehidupan olahraga seorang atlet,” kata Ketua Komisi Atlet IOC, Emma Terho dalam sebuah pernyataan.

4. Atlet Diizinkan Berhubungan Seks di Desa Olimpiade

Olimpiade Tokyo 2020 menjadi berita utama ketika larangan seks diberlakukan di Desa Olimpiade, sebagian karena pandemi COVID-19 yang memberlakukan pembatasan sosial. Tahun ini, larangan tersebut telah dicabut.

Smith mengonfirmasi sekitar 600.000 kondom telah didistribusikan ke Desa Olimpiade Paris. “Dan kemasannya sangat spektakuler!” katanya.

“Mereka memiliki kemasan yang sangat unik,” tambahnya. “Mereka didistribusikan dan kami menyimpannya di pusat sumber daya atlet, yang merupakan tempat yang khusus diperuntukkan bagi atlet—dan tentu saja, mereka dapat mengambilnya sesuai kebutuhan.”

Kemasan kondom tersebut menyertakan maskot Olimpiade Paris—Phryge Olimpiade—yang berbentuk seperti topi kerucut merah lembut atau topi Phrygian yang merupakan simbol kebebasan. Di media sosial, beberapa atlet telah membagikan kondom yang mereka temukan di tas hadiah perlengkapan mandi mereka saat mereka bersiap tidur.

5. Hewan Peliharaan Tidak Boleh di Desa Olimpiade

Maaf, tidak ada hewan peliharaan yang diizinkan di Desa Olimpiade. “Kami sudah mencoba,” kata Smith. “Sayangnya itu tidak mungkin dan itu bukan karena peraturan Paris 2024, melainkan lebih karena peraturan pemerintah Prancis tentang sertifikasi anjing terapi.”

“Sederhananya, hewan peliharaan tidak diizinkan,” jelasnya.

6. Setiap Tim Menentukan Teman Sekamar Seorang Atlet

Balkon kamar di blok akomodasi atlet di Desa Olimpiade untuk Olimpiade Paris 2024. (Nathan Laine/Bloomberg/Getty)

Terkait teman sekamar di Desa Olimpiade, Smith mengatakan olahragalah yang menentukannya. Jumlah orang dalam satu kamar bergantung pada ukuran tim.

Smith memberi contoh. “Mereka punya 16 atlet di tim hoki lapangan. Jadi kita akan berkata, ‘Oke, Anda punya empat apartemen. Setiap apartemen memiliki jumlah tempat tidur X. Satu kamar bisa ditinggali dua orang.’”

Kemudian, Smith mengatakan tim akan "memutuskan siapa yang ingin sekamar dengan siapa" setelah jatah mereka diberikan. "Kami akan memberi tahu mereka berapa banyak tempat tidur yang mereka miliki, berapa banyak apartemen, dan berapa banyak kamar di setiap apartemen," jelasnya.

Smith mengatakan tim akan memutuskan dengan siapa mereka ingin sekamar setelah alokasi mereka diberikan. “Kami akan memberi tahu mereka berapa banyak tempat tidur yang mereka miliki, berapa banyak apartemen, dan berapa kamar di setiap apartemen,” jelasnya.

7. Atlet  di Bawah Umur Harus Sekamar 

Hezly Rivera mempersiapkan diri untuk rutinitas palang bertingkatnya pada Hari Keempat Uji Coba Senam Tim Olimpiade AS 2024 pada bulan Juni 2024. (Elsa/Getty)

Tidak semua atlet yang lolos ke Olimpiade memiliki usia sah, termasuk pesenam fenomenal Tim USA berusia 16 tahun Hezly Rivera dan bintang renang berusia 17 tahun Alex Shackell.

Smith mengatakan USOPC memiliki pedoman yang sangat ketat terkait dengan siapa saja yang boleh sekamar dengan atlet di bawah umur, dengan mencatat bahwa mereka benar-benar berusaha agar anak di bawah umur sekamar dengan anak di bawah umur.

Ia menambahkan, “Jadi kami tidak mencampur orang yang berusia di bawah 18 tahun dengan orang yang berusia di atas 18 tahun, kecuali untuk keadaan yang sangat khusus.”

8. Atlet Diperbolehkan Menyesuaikan Kasur Mereka

Selama Olimpiade Tokyo 2020, tempat tidur kardus yang terkenal di Desa Olimpiade menjadi berita utama dan akan kembali lagi di Olimpiade Musim Panas 2024, dengan Smith mengakui tempat tidur ini keras seperti batu.

“Kasurnya sangat kaku,” tambahnya. “Kasur ini benar-benar terbuat dari kardus yang disatukan. Kasur ini seperti tiga lembar kardus, terpisah menjadi beberapa bagian. Banyak kasur kami yang dilengkapi ekstensi tempat tidur yang juga terbuat dari kardus.”

Bagaimana dengan kasurnya? Smith mengatakan kasurnya juga cukup kaku. Namun, atlet—yang mungkin membutuhkan tidur terbaik sebelum kompetisi terbesar dalam hidup mereka—dapat menyesuaikan kasur mereka agar sesuai dengan preferensi pribadi mereka.

9. Atlet Boleh Berbaur di Desa Olimpiade

Meskipun atlet harus tinggal di negara yang mereka wakili, mereka diizinkan untuk berbaur dengan tim lain di Desa Olimpiade. “Itulah hal terkeren tentang tempat ini. Hal terkeren tentang tempat ini adalah adanya campuran atau percampuran budaya dan etnis yang besar,” kata Smith.

“Ini adalah kompetisi yang sangat sehat dan Desa ini menyediakan suasana keakraban. Orang-orang berkumpul bersama,” lanjutnya. “Dan pada saat yang sama, kami menemukan bahwa banyak atlet dari berbagai negara mungkin akan melanjutkan pendidikan di universitas-universitas AS.”

Smith menambahkan, “Jadi para atlet saling kenal sejak kuliah. Mereka saling kenal sejak berkompetisi. Jadi ya, ada banyak pergaulan di Desa.”

10. Atlet Bisa Meninggalkan dan Memasuki Kembali Desa Olimpiade

Atlet yang tinggal di Desa Olimpiade tidak diharuskan untuk tinggal selama berlangsungnya Olimpiade. Jika mereka memilih untuk meninggalkan tempat tersebut, mereka diharuskan untuk melalui seluruh proses keamanan lagi.

“Semua tas Anda melewati pemindai. Ada detektor logam, ada keamanan fisik, ada keamanan rahasia, ada semuanya,” kata Smith. “Jadi, ini adalah tempat yang sangat aman di kota ini.”

11. Atlet Dapat Mendekorasi Zona Negara Mereka  

Semangat tim dan kebanggaan nasional meluap di seluruh Desa Olimpiade. Koneksi adalah salah satu bagian favorit Smith tentang tinggal di lingkungan yang sama dengan banyak orang dari berbagai negara.

“Orang-orang mendekorasi gedung mereka. Ini adalah kompetisi!” ungkapnya. “Siapa yang mendekorasi gedung mereka dengan paling baik, siapa yang memberikan gaya paling menarik dalam hal ruang, hingga kompetisi lapangan bermain.”

Smith mengatakan, melihat persaingan yang sehat dan penuh kesombongan antar negara selalu hebat. Ia menambahkan, “Dari tampilan dan nuansanya, ini adalah lingkungan yang sangat sehat dan kompetitif.”

Nah, demikian adalah peraturan unik yang harus ditaati oleh para atket selama Olimpiade Paris 2024.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 28 Jul 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories