Keterampilan 137 Orang Penyuluh KB Seluruh Bali Ditingkatkan

Pembukaan pelatihan peningkatan keterampilan Penyuluh KB seluruh Bali. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Sebanyak 137 orang Penyuluh KB Non-ASN di Provinsi Bali ditingkatkan keterampilan dan kemampuannya oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Bali. Kegiatan berlangsung selama enam hari dari tanggal 13-18 Agustus 2023.

Pejabat Komponen Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Dewa Nyoman Dalem, pada pembukaan kegiatan yang digelar daring, Senin (14/8) mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan peserta melakukan sosialisasi dan promosi Program Bangga Kencana di masing-masing wilayah. 

“Peserta akan diberikan pelatihan selama 6 hari dengan jumlah jam Pelajaran sebanyak 32 JPL,” katanya mengomentari kegiatan yang dilakukan oleh seluruh penguluh KB non-ASN dari seluruh kabupateb/kota di Bali.

Baca Juga:

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Sarles Brabar, mengatakan Penyuluh KB adalah ujung tombak pelaksanaan Program Bangga Kencana di lini lapangan. Oleh karena itu, pihaknya menilai bahwa para Penyluh KB harus mengetahui bagaimana mekanisme operasional yang harus dilakukan.

“Saya adalah PLKB di tahun 1994, jadi saya sudah menguasai bagaimana pelaksanaan Program Bangga Kencana di lini lapangan. Pendekatan tokoh Masyarakat sampai evaluasi pelaksanaan Program Bangga Kencana,” kata dia.

Baca Juga:

Selama program tersebut, seluruh peserta pelatihan akan diberikan materi oleh narasumber kompeten dari berbagai unsur, yakni Pokja Data dan Informasi, I Dewa Nyoman Ngakan Darmika Putra dan Pokja Bina Lini Lapangan, Ni Luh Putu Ayusita Eka Putra.

Sementara itu, untuk materi dasar dan penunjang akan disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dan Ketua Pokja Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN Bali. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories