Kerap Disepelekan, Inilah Manfaat Tersembunyi dari Kebiasaan Bersyukur

Kerap Disepelekan, Inilah Manfaat Tersembunyi dari Kebiasaan Bersyukur (Pexels)

JAKARTA - Manusia memang mudah untuk fokus pada hal-hal yang tidak dimiliki. Sebagai manusia, kita seolah terprogram untuk selalu berjuang mencapai tujuan atau pencapaian berikutnya.

Hal tersebut akhirnya menyisihkan sedikit waktu untuk berhenti dan mengingat semua hal baik yang sudah terjadi dan hadir di kehidupan kita. Namun, ada sains yang menunjukkan bahwa sangat bermanfaat meluangkan waktu secara teratur dan sengaja untuk berhenti dan merenungkan segala hal yang kita syukuri.

Kemampuan untuk Bersyukur

Seperti yang dilansir dari Shape, bersyukur adalah praktik bersyukur atau meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang Anda hargai dalam hidup Anda. 

Mempraktikkan rasa syukur mengharuskan kita untuk memperlambat hidup, dan merenungkan hal-hal baik dalam hidup kita.

Menurut Ernesto Lira de la Rosa, psikolog medis di Hope for Depression Research Foundation, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mempraktikkan rasa syukur memiliki tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah.

Rasa syukur juga dapat membantu kita merasa lebih terhubung dengan diri kita sendiri dan orang lain serta membantu kita mengambil perspektif yang berbeda.

Manfaat Bersyukur

Menurut studi yang dipublikasikan di International Journal of Depression and Anxiety menyebutkan bahwa mempraktikkan rasa syukur secara teratur dapat menurunkan depresi, mengurangi stres, dan kecemasan, bahkan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Mempraktikkan rasa syukur secara teratur dapat membantu mengubah cara kita berpikir dan memandang sesuatu.

Otak kita selalu berubah berdasarkan pikiran dan perilaku kita. Mengungkapkan rasa syukur secara teratur ternyata dapat menciptakan jalur saraf baru yang membuat otak Anda jadi lebih selaras dengan hal-hal positif.

Perubahan pola pikir ini juga akan membawa kita lebih mindful untuk memperhatikan diri sendiri. Kita akan mempraktikkan kebersihan tidur yang baik, menepati janji dengan dokter, makan dengan baik, berolahraga, dan mengungkapkan kebaikan serta kasih kepada orang lain sebagai hasil dari rasa syukur yang teratur.

Itu tadi beberapa manfaat dari kebiasaan bersyukur. Apakah Anda tertarik untuk menerapkan bersyukur sebagai kebiasaan baru?

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories