Kenali Apa Itu Nomophobia dan Cara Mengatasinya

Kenali Apa Itu Nomophobia dan Cara Mengatasinya (freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Pada era modern seperti sekarang, ponsel telah menjadi suatu kebutuhan esensial bagi setiap individu. Fungsinya yang tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai perangkat multifungsi yang memungkinkan akses ke berbagai hal yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, seperti internet, pemutaran musik, dan bermain game.

Saat ini, sulit sekali menemukan seseorang yang tidak memiliki ponsel. Bagi sebagian besar orang, ponsel dianggap sebagai barang yang penting dan wajib dibawa kemanapun mereka pergi. Bahkan, tidak hanya saat berada di luar rumah, tapi ada yang membawa ponsel ketika di toilet, mandi, atau bahkan saat akan tidur. 

Tidak membawa ponsel dapat membuat orang tersebut merasa cemas, gelisah, atau bahkan stres. Kondisi ini dikenal sebagai nomophobia (No Mobile Phone Phobia), yaitu ketakutan atau kecemasan saat lupa atau tidak membawa ponsel. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, dapat berdampak negatif pada kesehatan mental.

Sebelum hal tersebut terjadi, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegahnya.

Cara Mencegah Nomophobia

1. Matikan Ponsel

Bagi orang yang mengalami nomophobia, mematikan ponsel bisa menjadi hal yang menakutkan. Namun, untuk mengubah kebiasaan tersebut, perlu memaksa diri sendiri untuk melakukannya. 

Cara untuk mengatasinya bisa dimulai dengan mematikan ponsel selama beberapa menit dan melakukannya secara rutin dapat membantu mengurangi ketergantungan serta menghindari distraksi dari ponsel.

2. Cari Alternatif yang Menggantikan Ponsel

Melepaskan diri dari ponsel tidaklah mudah, namun memiliki dampak negatif pada produktivitas. Salah satu cara mengurangi ketergantungan adalah dengan mencari alternatif. 

Menemukan benda atau kegiatan yang dapat menggantikan peran ponsel dapat membantu mengubah kebiasaan, seperti membaca buku atau menulis jurnal.

3. Tinggalkan Ponsel Saat Makan Siang:

Selama istirahat makan siang, fokuslah pada makanan dan hindari penggunaan ponsel. Waktu makan siang juga dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan rekan kerja tanpa adanya distraksi dari ponsel. Jauhkan ponsel dan perangkat lainnya selama makan siang untuk membantu mengurangi ketergantungan pada ponsel.

Itu tadi penjelasan mengenai nomophobia dan cara mengatasinya.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories