16 Komunitas Gelar Donor Darah dan bagi Sembako untuk Warga Denpasar

Tercatat 16 komunitas berasal dari berbagai latar belakang seperti anak motor Bold Riders, fans club hingga karang taruna atau warga di banjar menggelar donor darah yang digelar dua pekan lamanya mulai 14 Oktober sampai 28 Oktober 2021. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id -  Tercatat 16 komunitas berasal dari berbagai latar belakang seperti anak motor Bold Riders, fans club hingga karang taruna atau warga di banjar menggelar donor darah yang digelar dua pekan lamanya mulai 14 Oktober sampai  28 Oktober 2021.

Aksi sosial diikuti 141 pendaftar, dari jumlah itu hanya 123 orang yang bisa diambil darahnya oleh PMI karena memenuhi syarat, seperti kesehatan.

Koordinator acara donor darah di Denpasar Fransiscus Stevy mengatakan kegiatan dipusatkan di sejumlah balai banjar di Denpasar, serta PMI.

 

Warga cukup antusias untuk menyumbangkan darahnya yang akan digunakan PMI untuk memenuhi kebutuhan darah saat pandemi.

Perwakilan dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) di Denpasar Fendy Hidayat, mengatakan, kegiatan tahun kedua ini selain melibatkan komunitas, juga melibatkan warga banjar untuk berpartisipasi.

Pada kegiatan ini juga ada pembagian sembako bagi warga yang terdampak pandemi yang kebetulan ikut serta dalam donor darah ini.

Diharapkan, pembagian paket sembako ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, ke depan harapan kami bisa lebih banyak lagi warga yang berpartisipasi.

"Sehingga komunitas Kolaborasi KITA di Denpasar ini bisa makin memberikan nilai manfaat bagi sesama, salah satunya dengan menyumbangkan darahnya," jelas Fendy pada Minggu (7/11).
 

Sejumlah komunitas yang ikut dalam kegiatan ini adalalah fans club INDOMANUTD BALI, AIS BALI, kemudian karang taruna BANJAR KAJA dan BANJAR SUWUNG BATANG KENDAL. lalu anak motor Bold Riders yakni HCRC Bali, MOTO X, FRC, DENSEFIC, GCI BALI, VIB, XODA Bali, RVI BALI.

Kemudian sejumlah mahasiswa yang ikut berdonr juga dari BEM Hukum Warmadewa, BEM Teknik Warmadewa, BEM Fak Sastra Warmadewa, serta ada lagi dari anak musik Regaeneration.

Berdasar data sampai Jumat 5 November 2021, untuk kegiatan donor darah di Indonesia Timur tercatat melibatkan 715 komunitas, dengan ribuan anggota di 91 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Program donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah di inisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. 

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah serentak di wilayah Indonesia Timur dengan tema #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini akhirnya memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Diketahui, pada tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu  Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. (roh)

Editor: Rohmat

Related Stories