Inilah Penyebab Storage Ponsel Anda Selalu Penuh

Inilah Penyebab Storage Ponsel Anda Selalu Penuh (Freepik)

JAKARTA - Semua orang tampaknya kini sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan smartphone atau ponsel. Namun, untuk bisa menggunakan fungsi ponsel secara maksimal, ponsel harus memiliki storage atau ruang penyimpanan yang cukup.

Storage ponsel yang habis dapat membuat Anda tidak bisa lagi mengambil foto, video, dan menginstal aplikasi lain. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkannya.

Oleh karena itu, simak penyebab storage ponsel Anda selalu penuh.

Penyebab Storage Ponsel Selalu Penuh

1. Masih Ada File Lama

Pertama-tama, adanya lagu, podcast, atau video yang telah lama tidak digunakan dapat menjadi penyumbang utama. Jika Anda pernah menggunakan layanan seperti Spotify, YouTube Premium, atau aplikasi sejenis yang memungkinkan pengunduhan konten, ada kemungkinan besar bahwa berkas-berkas tersebut telah terabaikan dan secara perlahan mengonsumsi kapasitas penyimpanan perangkat Anda. 

Beberapa podcast dan video memiliki durasi yang cukup panjang, sehingga dapat memakan banyak ruang penyimpanan pada ponsel Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk secara berkala meninjau berkas-berkas unduhan guna memastikan bahwa tidak ada file yang tidak diperlukan dengan ukuran besar yang menyita penyimpanan.

2. Email dan Draft yang Masih Tertumpuk

Ponsel Anda cenderung menyimpan email yang tidak diinginkan, termasuk spam, sampah, atau konsep yang belum selesai. Selain itu, inbox Anda mungkin penuh dengan email yang sudah tidak relevan dan perlu dihapus. 

Oleh karena itu, menjaga kebersihan kotak masuk email secara teratur menjadi langkah penting untuk memastikan ruang penyimpanan lebih banyak tersedia daripada yang Anda perkirakan.

3. Konten Media Sosial yang Terunduh Secara Otomatis

Seiring dengan itu, ada kemungkinan bahwa aplikasi media sosial secara otomatis mengunduh konten yang dikirimkan kepada Anda, sehingga memenuhi penyimpanan internal ponsel. 

Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk menonaktifkan opsi 'Media Visibility'. Meskipun tidak semua aplikasi mendukung fitur ini, sebagian besar aplikasi populer memiliki opsi untuk mencegah pengunduhan otomatis, membantu Anda menghemat ruang penyimpanan yang berharga.

4. Aplikasi Bawaan Ponsel

Masih ada penyebab lain, yaitu aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus meskipun tidak digunakan. Meskipun frustrasi, Anda dapat menonaktifkannya untuk menghentikan operasinya di latar belakang, mengurangi penggunaan penyimpanan.

5. Cache yang Tidak Dapat Dihapus

Terakhir, cache yang tidak dapat dihapus juga dapat menjadi penyebab. Meskipun cache bermanfaat untuk memproses data dengan cepat, tetapi dapat menahan data yang tidak lagi dibutuhkan. Membersihkan cache secara teratur melalui pengaturan ponsel dapat membantu membebaskan ruang penyimpanan yang tidak terpakai.

Itu tadi beberapa penyebab storage ponsel selalu penuh. Apakah Anda mengalaminya?

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories