Jamkrindo Gelar Pelatihan Guru dan Seminar Parenting di Geopark Ciletuh, Wujud Kontribusi dalam Pendidikan Indonesia

Peduli Pengembangan Karakter Anak di Geopark Ciletuh, Jamkrindo Gelar Pelatihan Guru dan Seminar Parenting (Redaksi)

SUKABUMI – PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menggelar kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan tema "Pengembangan Karakter Anak Melalui Guru dan Orang Tua” di 11 SD Negeri Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Program ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kualitas pendidikan di Indonesia.

Pemimpin Cabang PT Jamkrindo Sukabumi  Prita Widy Wardani mengatakan, Jamkrindo menyadari bahwa pengembangan karakter anak sangat penting karena dapat memberikan pengaruh kuat pada perilaku anak. ”Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap program-program pemerintah untuk menciptakan generasi dan calon pemimpin bangsa yang memiliki karakter karakter kuat,” ujar Prita.  

Program pengembangan karakter anak ini telah dimulai sejak 2 Desember 2023 dan diikuti seluruh guru dan kepala sekolah di 11 Sekolah Dasar Negeri yang ada Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Pelatihan dilaksanakan dengan metode jemput bola atau pelatihan ke sekolah. Dengan metode ini, diharapkan seluruh guru dan karyawan di sekolah tersebut dapat mengikuti pelatihan ini.

Prita menjelaskan, sasaran program pendidikan di Sukabumi ini antara lain SDN Tamanjaya, SDN Cirambutan, SDN Sanggarawa 1, SDN Sanggarawa 2, SDN Ciemas, SDN Cikondang, SDN Cibenda, SDN Bojongwaru, SDN Ciloa, SDN Cibatu, dan SDN Sindanghayu.

Selain program pelatihan untuk guru, TJSL PT Jamkrindo juga mengadakan seminar parenting untuk perwakilan orang tua dari sekolah peserta tersebut. Materi yang diberikan adalah cara menjadi guru profesional di rumah dan mengembangkan karakter anak di rumah.

Kasubkor Mutu dan Kelembagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Yudi Cucu Supriyadi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PT Jamkrindo. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sukabumi. “Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, para pendidik dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk memberikan pendidikan yang lebih baik kepada generasi masa depan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Ciwaru Sirodjudin mengatakan, pihaknya berharap program ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan mengajar, tetapi juga akan memperkuat hubungan antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. “Program ini mencerminkan kesungguhan dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam memperbaiki pendidikan dan membangun karakter generasi penerus yang unggul,” kata Sirodjudin.

Sejak tahun 2019, PT Jamkrindo telah melakukan program pemberdayaan masyarakat di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Program pemberdayaan masyarakat tersebut melalui penyelesaian persoalan lingkungan dengan pokok persoalan berupa perbaikan ekosistem dan pengelolaan sampah plastik. 

Sejalan dengan hal tersebut, Jamkrindo juga melakukan upaya peningkatan perekonomian masyarakat melalui program-program yang memberikan dampak berkelanjutan pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Beberapa program pemberdayaan yang dilakukan antara lain adalah mendampingi dan membina Ikatan Homestay Ciletuh, penguatan usaha ternak rakyat, dan pemberian bantuan berkelanjutan pada masyarakat, terutama di tengah kondisi pandemi, serta kampanye hidup sehat kepada siswa/I dan seminar parenting dan pelatihan untuk guru.

Kinerja Jamkrindo

PT Jamkrindo berupaya untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi perusahaan untuk menghadapi persaingan menuju perusahaan penjamin terdepan yang handal dan terkemuka guna mendukung perkembangan perekonomian nasional.

Sekretaris Perusahaan PT Jamkrindo Aribowo menyatakan hal ini dibuktikan dengan peningkatan kinerja yang berhasil dibukukan oleh perusahaan. Total realisasi jumlah volume penjaminan sampai dengan Oktober 2023 sebesar Rp301,44 triliun atau sebesar 88,59% dari target  rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) 2023, pencapaian tersebut terdiri dari jumlah penjaminan KUR sebesar Rp105,75 triliun dan jumlah penjaminan non KUR sebesar Rp195,69 triliun.

Ia mengungkapkan bahwa peningkatan kinerja terjadi seiring dengan inovasi melalui pengembangan produk, bisnis, dan pengelolaan pemasaran yang efektif dengan risiko terukur dan prudent. Oleh karena itu pada tahun 2023 PT Jamkrindo akan berfokus pada upaya perbaikan bisnis sebagaimana perumusan visi, misi dan tata nilai perusahaan yang ditetapkan dalam RKAP. 

Adapun sampai dengan bulan Oktober 2023, total aset perusahaan sebesar Rp33,47 triliun dengan ekuitas Rp13 triliun. Per Oktober 2023, Laba sebelum pajak perusahaan tercatat sebesar Rp 1,67 triliun atau 90,43% dari RKAP.

“Dengan pencapaian ini kami optimis dapat mencapai target volume penjaminan sampai dengan akhir tahun 2023 sebesar Rp 340,26 triliun,” ujarnya.

Tentang Jamkrindo

Sebagai perusahaan penjaminan kredit yang tergabung dalam holding Indonesia Financial Group (IFG), Jamkrindo memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan non-program. Pada penjaminan program, Jamkrindo memiliki produk penjaminan KUR dan penjaminan KMK dalam rangka program PEN. Untuk non-program, produk penjaminan Jamkrindo adalah penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang. Kemudian juga surety bond, customs bond, penjaminan supply chain financing (invoice financing), dan penjaminan kredit lainnya.

Tulisan ini telah tayang di halojatim.com oleh Redaksi pada 15 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories