Inilah Berbagai Gangguan Tidur yang Perlu Anda Waspadai

Inilah Berbagai Gangguan Tidur yang Perlu Anda Waspadai (Freepik)

JAKARTA - Tidur adalah salah satu aktivitas yang penting untuk kita penuhi. Meski begitu, seringkali sebagian masyarakat tampaknya menganggap remeh tidur, bahkan menganggap sepele munculnya gangguan tidur.

Gangguan tidur mencakup berbagai kondisi yang mengganggu jumlah, kualitas, atau waktu tidur seseorang. Kuantitas tidur mengacu pada durasi tidur yang sesuai dengan kebutuhan individu, sementara kualitas tidur mencakup fragmentasi dan gangguan tidur yang sering terjadi di malam hari.

Perubahan yang muncul dalam pola bangun dan tidur melibatkan proses neurologis kompleks yang dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Gangguan tidur sendiri  dapat disebabkan oleh banyak hal, dan pengalaman tidur yang memadai bervariasi antara individu.

Jenis-jenis Gangguan Tidur

Berikut beberapa jenis gangguan tidur yang umum, seperti yang dilansir dari laman resmi Kemenkes.

1. Insomnia

Kesulitan tidur atau mempertahankan tidur, sering membuat seseorang merasa tidak puas dengan tidurnya. Gejala dari insomnia ini meliputi masalah fisik seperti kemerahan atau pembengkakan mata, serta gejala psikologis seperti lesu atau kesulitan berkonsentrasi.

2. Hipersomnia

Hipersomnia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami tidur berlebihan dan sering mengantuk di siang hari. Narkolepsi adalah salah satu bentuk hipersomnia yang dapat menyebabkan keadaan di mana seseorang tidak dapat menghindari tidur.

3. Parasomnia

Gangguan tidur yang tidak biasa, seperti berjalan atau bicara saat tidur, atau pengalaman mimpi yang menakutkan. Gejala ini bisa terjadi saat tidur atau saat seseorang baru saja bangun.

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang umum, dan penyebabnya bisa bervariasi, termasuk gaya hidup, masalah lingkungan tidur, atau masalah kesehatan fisik dan mental. Untuk mengatasi insomnia ringan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  •  Relaksasi, yaitu dengan melakukan aktivitas yang menenangkan seperti yoga atau mandi air hangat.
  • Mengatur jadwal tidur agar tetap konsisten.
  • Menciptakan suasana tidur yang nyaman. Hal itu bisa Anda lakukan dengan mengubah atau menyesuaikan lingkungan tidur.
  • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur.
  • Melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  • Menghindari konsumsi alkohol atau merokok sebelum tidur.  
  • Melakukan terapi pijat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kecemasan atau depresi.

Itu tadi beberapa jenis gangguan tidur dan cara mengatasinya.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories