Aplikasi Android di Google Play Ini Mengandung Malware, Hapus Sekarang!

Aplikasi Android di Google Play Ini Mengandung Malware, Hapus Sekarang! (Freepik.com/pressfoto)

JAKARTA - Aplikasi malware Android dikabarkan telah ditemukan di Google Play Store. Bahkan, tidak dipungkiri Anda mungkin sudah mengunduh banyak aplikasi tersebut di ponsel Anda. Padahal, aplikasi malware tersebut bisa jadi akan mencuri informasi Anda sehingga penting untuk segera menghapusnya.

Kejahatan dunia maya dan tindakan yang dilakukan oleh para penipu tampaknya semakin meningkat secara drastis. Apalagi, seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan dan penyebaran teknologi canggih di hampir setiap aspek kehidupan.

Sementara toko aplikasi resmi seperti Google Play Store dan Apple App Store memperkuat platform mereka untuk mendeteksi tindakan jahat, penjahat dunia maya berhasil menemukan cara baru untuk mengelabui sistem dan memasukkan aplikasi berbahaya yang sarat malware tersebut ke dalamnya.

Para penipu bahkan telah membodohi pengguna smartphone dengan mengunggah aplikasi berbahaya di toko aplikasi dengan menyamar memberikan layanan gratis kepada pengguna sehingga luput dari perhatian pengguna.

Tentu saja, aplikasi-aplikasi yang sarat malware ini dapat digunakan untuk mencuri data dan uang dari korban yang tidak bersalah. Seperti yang dilansir dari HT Tech, dilaporkan bahwa beberapa aplikasi berbahaya dengan 150.000 unduhan ditemukan di Google Play Store.

Aplikasi ini disebut menyebarkan malware Trojan perbankan Anatsa ke smartphone pengguna untuk mendapatkan kendali atas perangkat mereka.

Aplikasi yang Mengandung Malware

Menurut laporan BleepingComputer seperti yang dilansir dari HT Tech, geng penjahat cyber Anatsa yang berbasis di Eropa telah menyediakan PDF gratis dan aplikasi cleaner palsu di Google Play Store dan mendapatkan akses ke Accessibility Service Android. 

Aplikasi tersebut menggunakan proses infeksi multi-tahap untuk melewati sistem Android 13 dan pemeriksaan keamanan Google.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki aplikasi yang disebutkan berikut ini segera hapus aplikasi tersebut dari ponsel Anda sekarang juga untuk menghindari infeksi.

  • Phone Cleaner - File Explorer
  • PDF Viewer - File Explorer
  • PDF Reader - Viewer & Editor
  • Phone Cleaner: File Explorer
  • PDF Reader: File Manager

Laporan baru ini menunjukkan bahwa pengguna harus berpikir dua kali sebelum mengunduh aplikasi gratis apapun dari toko aplikasi, karena aplikasi tersebut dapat berisi Trojan berbahaya yang dapat menginfeksi perangkat mereka.

Selain itu, perlu diingat bahwa banyak aplikasi gratis mengenakan biaya untuk menggunakan layanan mereka baik melalui mode pembayaran atau dengan menampilkan iklan dan dalam banyak kasus aplikasi tersebut membuat pengguna berlangganan ke berbagai layanan berbayar yang juga menghasilkan uang.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tetap waspada, apalagi ketika Anda melihat adanya tindakan jahat dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Itu tadi beberapa aplikasi yang disebut mengandung malware yang harus segera Anda hapus instalasinya dari ponsel Anda.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories