IMI Bali Diharap Dapat Sokong Perkembangan Wisata Baru

Rakerprov IMI Bali, Minggu, 24 April 2022. (Istimewa)

Badung, Balinesia.id - Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati berharap Ikatan Motor Indonesia (IMI) dapat memicu munculnya destinasi-destinasi wisata baru di Bali.

Hal tersebut dinyatakan dalam  Pembukaan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) IMI Bali, di Krisna Oleh-oleh Tuban, Badung, Minggu, 24 April 2022.

Tokoh yang akrab dipanggil Cok Ace ini mengatakan pesona, keindahan alam, keramahan masyarakat Bali  hingga saat ini masih menjadi pilihan bagi wisatawan. Hal ini ditunjukkan setelah pandemi mereda dan adanya kelonggaran-kelonggaran sosial, wisatawan kembali berdatangan lagi ke Bali.

"Namun, kita tidak boleh terlena, karena disisi lain banyak daerah yang sedang membenahi diri. Bali juga harus siap dengan destinasi pariwisata baru, nah Ikatan Motor Indonesia Bali tentu memiliki peran dalam mengembangkan dan membangun wisata really atau family relly," kata tokoh Puri Ubud ini. 

Baca Juga:

Sementara itu, terkait Rakerprov IMI Bali, Cok Ace berharap pihaknya dapat melahirkan program-program yang tidak hanya bermanfaat secara internal, namun dapat juga memberi kontribusi kepada masyarakat luas dalam rangka membangun Bali.

"Saya harapkan kepengurusan IMI Bali yang sekarang mampu melihat sejumlah fenomena perubahan yang terjadi saat ini. Indonesia, termasuk Bali dua kali mengalami perubahan transformasi, yakni pada tahun 1920 perubahan transformasi struktur terjadi dari masyarakat agraris menuju masyarakat pariwisata dan yang kedua pada tahun 2020 terjadi perubahan transformasi struktur dari sektor pariwisata menuju struktur ekonomi kreatif," katanya.

Oleh karena itu, IMI Bali yang menaungi 50 klub otomotif berpeluang membangun wisata atau family rally, karena dari sejumlah wilayah yang ada di Bali juga terdapat beberapa tempat sakral atau terlarang untuk dijamah. "Sehingga, sangat perlu untuk diingatkan bagi anggota IMI Bali agar selalu mengutamakan kearifan lokal saat melaksanakan kegiatan secara massal," katanya berharap dari sisi keolahraagaan IMI Bali ke depan juga bisa meningkatkan prestasi.

Terhadap hal itu, Ketua IMI Bali, Gusti Ngurah Anom menyampaikan bahwa IMI saat ini sedang mensurvei masalah keunggulan masing-masing wilayah, yang ada di Bali untuk pengembangan lokasi wisata di bidang motor cross, off-road, rally wisata, dan family rally. "Sehingga, masing-masing kabupaten di Bali memiliki segmen kegiatan yang berbeda antara satu dengan yang lain, sehingga mampu menjadi daya tarik yang luar biasa bagi pariwisata ke depan," ucapnya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories