IMF Serukan Perubahan di COP28 untuk Atasi Krisis Iklim

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva (Reuters/Susana Vera)

JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) mulai memberikan seruan untuk diakhirinya bisnis tak berkelanjutan menjelang dimulainya pembicaraan iklim COP28. Mereka juga turut memperingatkan jalur tersebut tidak layak jika dunia ingin mengatasi permasalahan pemanasan global.

Berbicara kepada Reuters saat acara tahunan PBB bersiap untuk dibuka di Dubai pada hari Kamis, 30 November 2023, Kepala IMF Kristalina Georgieva mengatakan bahwa emisi karbon yang merusak iklim perlu turun antara 25% hingga 50% pada tahun 2030. Namun janji sejauh ini hanya akan menghasilkan pemotongan yang sangat sedikit sebesar 11%.

“Hal terpenting dalam COP28 adalah memperjelas bahwa cara kita menuju ke sana tidak dapat dilakukan dan menentukan tingkat ambisi yang kemungkinan akan memberi peluang bagi dunia untuk hidup dengan suhu tidak melebihi 1,5 hingga 2 derajat Celcius,” ujarnya, dikutip dari Reuters, Rabu, 29 November 2023.

“Jadi menurut saya, utama dalam COP ini adalah menyadari bahwa bisnis seperti biasa harus dihentikan.” Kesepakatan iklim Paris 2015 menetapkan tujuan untuk membatasi pemanasan global menjadi 1,5 hingga 2 derajat Celsius di atas tingkat pra-industri.

Salah satu tema utama dalam pembicaraan tersebut adalah langkah-langkah tambahan yang dapat diambil oleh pemerintah untuk mengubah sistem keuangan multilateral dunia agar lebih banyak dana tersedia bagi negara-negara rentan yang sudah merasakan dampak peristiwa cuaca ekstrem.

Menurut Georgieva, upaya yang telah dilakukan, seperti peningkatan pinjaman oleh Bank Dunia sebesar US$100 miliar selama satu dekade, adalah sangat menjanjikan, karena akhirnya ada tekad untuk membuat keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya.

Salah satu upaya utama sejauh ini adalah mendorong negara-negara untuk mengizinkan beberapa Hak Penarikan Khusus mereka (Special Drawing Rights/SDR), cadangan devisa untuk keperluan darurat yang jarang digunakan, dipinjamkan kepada bank pembangunan guna membantu meningkatkan pendanaan iklim di pasar negara berkembang.

Pada bulan Agustus, IMF mengatakan 29 anggota telah sepakat sejauh ini, membantu menyediakan US$55 miliar untuk pinjaman langsung melalui Poverty Reduction and Growth Trust, dan US$41 miliar melalui Resilience and Sustainability Trust.

Selain itu, Georgieva mengatakan Bank Pembangunan Afrika dan Bank Pembangunan Inter-Amerika telah mengusulkan penggunaan SDR yang dipinjamkan kepada mereka sebagai modal hibrida yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk memperluas kapasitas pemberian pinjaman mereka.

“Kami telah menyampaikan hal ini kepada direksi kami. Apa yang kami lakukan sekarang adalah melihat ke dalam modalitas hukum dan operasional. Dan meskipun belum selesai, itu menjanjikan.”

Ia menambahkan, beberapa negara juga mempertimbangkan untuk menggunakan alokasi SDR tahun 2021 mereka secara bilateral di samping program IMF.

Karbon dan Utang

Pendukung lama upaya untuk menetapkan harga emisi karbon, Georgieva mengatakan berita baiknya adalah lebih banyak negara sedang mempertimbangkan untuk melakukannya, dengan jumlah yurisdiksi yang mengadopsi skema semacam itu kini mencapai lebih dari 70.

“Ini tentang menciptakan insentif untuk dekarbonisasi yang cepat,” katanya, IMF baru-baru ini menaikkan perkiraannya untuk harga rata-rata yang diperlukan untuk melakukan hal ini menjadi US$85 per ton pada tahun 2030, dari perkiraan sebelumnya sebesar US$75 per ton.

“Sementara harga rata-rata saat ini sekarang sekitar US$5 per ton, jelas ada jalan yang sangat panjang,” katanya, mengutip preferensi untuk pajak karbon tetapi juga keterbukaan terhadap sistem perdagangan, seperti yang terlihat di Eropa, atau standar dan pengembalian dana ala AS.

Mengacu pada apa yang mungkin menjadi tema utama di COP28, Georgieva mengatakan metode mana pun yang digunakan termasuk metana yang lebih manjur, dan negara-negara kaya membayar lebih, negara-negara miskin lebih sedikit, dan negara-negara rapuh tidak ada apa-apanya.

Dengan lebih banyak negara menghadapi kesulitan utang setelah kenaikan suku bunga, Georgieva mengatakan IMF bekerja dengan tujuh negara dalam restrukturisasi utang, sementara beberapa negara lagi akan membutuhkan bantuan untuk mengurangi beban utang mereka.

Untuk membantu mendorong keberlanjutan utang di dunia dengan guncangan iklim yang lebih sering terjadi, IMF bekerja untuk memberikan dukungan yang jauh lebih dalam, mengintegrasikan iklim ke dalam analisisnya.

“Bisakah kita memiliki KPI (key performance indicators), yang menjadi dasar proses restrukturisasi utang suatu negara. Ini adalah pekerjaan yang sedang berlangsung di IMF,” katanya, mengutip pembicaraan yang sedang berlangsung dengan Bank Dunia tentang cara kerjanya.

“Kami pikir kami akan bergerak lebih cepat dalam pertanyaan ini, tetapi sebenarnya ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab.”

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 29 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories