Girl Group BLACKPINK Berhasil Raih British Most Excellent Order of The British Empire

Girl Group BLACKPINK Berhasil Raih British Most Excellent Order of The British Empire (Dok/Reuters)

JAKARTA – Girl grup BLACKPINK baru saja memperoleh penghargaan British Most Excellent Order of The British Empire (MBE) dari Kerajaan Inggris. Anugerah ini diserahkan langsung oleh Raja Charles III kepada empat member di Istana Buckingham pada Rabu, 22 November 2023. 

Penghargaan MBE tersebut diberikan kepada BLACKPINK atas perannya dalam melakukan advokasi perubahan iklim pada KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia pada 2021 lalu. Ketika itu, super star K Pop ini ditunjuk sebagai duta kepresidenan Inggris di konferensi ekologi PBB tersebut. 

"Raja didampingi Presiden dan Ibu Negara Korea menyambut baik @BLACKPINK di Istana Buckingham bersamaan dengan penganugerahan Kehormatan MBE," tulis akun X resmi Kerajaan Inggris @royalfamily. 

"Grup Kpop itu telah dianugerahi penghargaan sebagai pengakuan atas peran mereka dalam KTT COP26 di Glasgow," tambah keterangannya. Melansir situs honours.cabinetoffice.gov.uk, penghargaan MBE ini pertama kali diadakan oleh Raja George V pada 1917 lalu, mulanya, anugerah itu hanya diberikan kepada mereka yang memiliki peran non-agresif. 

Seiring berjalannya waktu, penghormatan itu diperluas kepada orang-orang pilihan yang berjasa dalam bidang sastra, seni, sains, pekerjaan amal, dan pelayanan publik. Terkait BLACKPINK, Raja Charles III mengatakan penghargaan itu diberikan kepada empat member atas popularitasnya mampu menyebarkan aksi iklim ke penjuru dunia.

"Saya memuji Jennie, Jisoo, Lisa dan Rose, yang lebih dikenal secara kolektif sebagai BLACKPINK, atas peran mereka dalam membawa pesan kelestarian lingkungan kepada khalayak global sebaagai duta besar untuk kepresidenan Inggris di COP26," ungkap Raja Charles III dalam pidatonya menyambut Presiden Korea Yoon.

Diplomasi Kebudayaan

Asal tahu saja, kunjungan BLACKPINK ke Istana Buckingham itu menemani Presiden dan Ibu Negara Korea dalam rangkaian pertemuan bilateral kedua negara yang bertujuan memperkuat diplomasi kebudayaan. 

Sebab, Raja Charles III yang kini berusia 75 tahun itu juga menyoroti pop-culture Korea Selatan dan Inggris, seperti perfilman, hiburan, dan musik yang mampu menjadi primadona masyarakat dunia.

“Mungkin kreativitas artislah yang membawa perubahan paling dramatis pada posisi Korea dalam lanskap budaya Inggris,” ungkap Raja. Ia menambahkan Korea telah menyatukan Danny Boyle dan Bong Joon-ho, James Bond dan Squid Game, serta lagu "Let It Be" dari The Beatles dengan "Dynamite" milik BTS.

Pada saat yang sama, Presiden Yoon juga ikut memberikan pidato selama jamuan makan malam tersebut. Ia juga berbagi bahwa ia sangat menyukai musisi asal Inggris, seperti The Beatles, Queen, dan Elton John.

Presiden Yoon menambahkan Korea dan Inggris adalah sahabat yang berbagi semangat untuk menjaga kebebasan. “Itulah mengapa tidak ada yang tidak bisa kita lakukan bersama untuk masa depan," tuturnya.

Orkestra Ddu-du-Ddu-du

Selain menyambut dan memberikan penghargaan kepada BLACKPINK, Kerajaan Inggris, melalui tim orkestra, menampilkan salah satu lagu hit girl grup itu yang berjudul Ddu-du-Ddu-du.

Pertunjukan orkestra di bawah pemerintahan Raja Charles III itu dipresentasikan melalui video singkat yang diunggah di akun resmi Keluarga Kerajaan Inggris. "Kami memainkan (lagu) BLACKPINK," tulis Royal Family di X disertai hati hitam dan merah muda menyesuaikan nama dan warna girl grup asal Korea tersebut.

Tak ayal, aransemen orkestra lagu ciptaan Teddy Park yang dirilis pada 2018 lalu, langsung disambut riuh oleh BLINK di kolom komentar. Penggemar BLACKPINK itu mengaku berterima kasih, karena video itu jadi bentuk cinta terhadap Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa terutama saat berada di Inggris.

Asal tahu saja, pada Juli lalu, BLACKPINK sukses menciptakan sejarah sebagai grup K-pop pertama menjadi headliner dalam sebuah festival musik besar di Inggris dengan tiket konsernya terjual. Keempat member itu tampil di panggung festival musim panas BST Hyde Park di pusat kota London, menghibur 65.000 penonton.

Sebagai tambaghan, sejak dibentuk pada 2016 silam, BLACKPINK telah muncul sebagai salah satu girl grup paling sukses di dunia, meraih prestasi seperti menjadi artis musik dengan jumlah pelanggan terbanyak di YouTube.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 23 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories