IAKMI Dukung Percepatan Vaksinasi Anjing Cegah Penyebaran Rabies di Klungkung

Dalam mendukung upaya percepatan pengendalian penyakit rabies di Bali, pemerintah Kabupaten Klungkung berinisiatif mengambil langkah strategis bersama pimpinan OPD terkait melaksanakan rapat kordinasi lintas sektor serta melibatkan berbagai pihak terkait (IAKMI Bali)

Klungkung, Balinesia.id - Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat IAKMI Provinsi Bali, Ni Made Dian Kurniasari mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Klungkung yang berinisiatif melakukan Percepatan pengendalian Rabies dengan vaksinasi anjing secara maksimal

Dalam mendukung upaya percepatan pengendalian penyakit rabies di Bali, pemerintah Kabupaten Klungkung berinisiatif mengambil langkah strategis bersama pimpinan OPD terkait melaksanakan rapat kordinasi lintas sektor serta melibatkan berbagai pihak terkait.

Hal itu terungkap saat rapat dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, yang membahas berbagai masalah dan tantangan dalam upaya pengendalian rabies.

Baca Juga:

Acara diawali sambutan dari Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dan dilanjutkan dengan paparan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali dan Klungkung.

Pada kesempatan itu, Ketua IAKMI Bali, Ni Made Dian Kurniasari, mengapresiasi langkah cepat dari Pemkab Klungkung.

"Kami mengapresiasi komitmen Pemkab Klungkung terhadap masalah rabies dengan langkah-langkah konkrit yang telah dirumuskan," tandas Ni Made Dian Kurniasari.  

Baca Juga:

Di sisi lain Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) juga sangat berharap pemerintah bisa mendorong peran serta masyarakat melalui pemerintah desa, adat dan rumah tangga  dalam hal pengendalian rabies.

Pemerintah Kabupaten Klungkung menyatakan akan melakukan berbagai langkah salah satunya percepatan upaya vaksinasi pada hewan penular rabies khususnya anjing dengan capaian yang maksimal dgn estimasi 21.000 ekor anjing akan ditarget dapat tervaksin segera.

Baca Juga:

Selain itu upaya edukasi di masyarakat harus digalakkan serta perlunya dukungan kebijakan yg efektif baik di tingkat kab sampai di tingkat desa. ***

Editor: E. Ariana

Related Stories