Gelar Pertemuan di Bali, ASEAN Perkuat Resiliensi Ekonomi dan Keuangan

(null)

Badung, Balinesia.id - Pertemuan ASEAN+3 (negara ASEAN bersama Jepang, Korea dan Tiongkok) Task Force (TF) di Bali membahas penguatan resiliensi ekonomi dan keuangan.

Pertemuan penting ASEAN  pertama ini digelar di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) pada 2 – 3 Februari 2023 dan dihadiri lebih dari 270 delegasi asing.

Kegiatan internasional ini kemudian dilanjutkan  Working Committee Meetings (WC) dan Asean Finance and Central Bank Deputies Meeting (AFCDM)  ASEAN pada 6 – 10 Februari 2023 bertempat di BNDCC.

Pertemuan ini merupakan sinergi yang  dilakukan  Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan Republik Indonesia, sebagai bagian dari Kementerian dan Lembaga di dalam Pilar Ekonomi Keketuaan ASEAN.

Pada pertemuan ASEAN+3 dipimpin Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan bersama CoChairs dari Kementerian Keuangan dan Bank Sentral Jepang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menjelaskan, pembahasan  mengenai pengembangan kerja sama regional negara ASEAN+3 di bidang keuangan.

"Diantaranya upaya upaya negara kawasan dalam memperkuat resiliensi ekonomi dan keuangan, serta potensi pemanfaatan  digitalisasi keuangan," tutur Kepa  Trisno Nugroho dari keterangan tertulis Jumat 10 Februari 2023.

Pihaknya menyampaikan Bali patut  berbangga hati karena menjadi salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan Keketuaan ASEAN 2023.

Khususnya rangkaian kegiatan awal pertemuan Pilar Ekonomi atau Jalur Keuangan pada awal Februari  2023.

Penyelenggaraan kegiatan ASEAN dapat menjadi momentum untuk memamerkan  keunggulan Indonesia di mata negara-negara regional, serta menggerakan perekonomian.

Tema pada penyelenggaraan di Jalur Keuangan adalah “Discover Indonesia” untuk  memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, mulai Barat hingga Timur.

Pada perhelatan pertemuan 
pertama ini, delegasi diajak mengunjungi Tanah Lot, Jimbaran, hingga Ubud, berbelanja produk UMKM khas Bali untuk 
menggerakkan  ekonomi lokasi.***

Editor: Rohmat
Bagikan

Related Stories