FTP Unwar Kembangkan Studi Bambu

Prof. Dr. Ir I Wayan Runa, M.T (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id – Bambu memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai media arsitektur. Potensi tersebut dilirik Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa (FTP Unwar) yang kini tengah mengembangkan studi terhadap bambu yang lebih komprehensif.

Dekan FTP Unwar, Prof. Dr. Ir I Wayan Runa, M.T., kepada Balinesia.id, Kamis, 19 Januari 2023 di kampus setempat menyebut fokus pihaknya dalam mengembangkan pemanfaatan bambu dalam bidang keteknikan. 

“Beberapa waktu lalu pihak Nansha Bird Park di Guangzhou, China mendorong kolaborasi untuk membuat pusat studi bambu. Ketika kita berkunjung ke sana, mereka membagi teori berkaitan dengan bambu. Mereka sangat tertarik dalam pemanfaatan bambu, melihat potensinya yang sangat besar baik di Indonesia, China, dan negara Asia lainnya,” katanya.

Baca Juga:

Menurutnya, dalam konteks Bali, teknologi pemanfaatan bambu sebagai bahan bangunan maupun kerajina merupakan bentuk kearifan lokal. Oleh sebab itu, memanfaatkan bambu dalam bidang keteknikan sama halnya dengan mendukung eksistensi kearifan lokal dan tradisi Bali.

“Jika kita lihat bangunan tradisional kita banyak yang berbasis bambu, misalnya dapat kita lihat di Penglipuran. Awalnya kita berpikir mengembangkan teknologi modern, namun teman-teman kita di China justru sekarang berpikir untuk ke tradisi. Bagi mereka teknologi itu gampang, namun jika mengembangkan bambu, tantangannya ada, dan lebih ramah lingkungan juga,” kata Runa. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories