Erick Tohir Pastikan Tidak Ada Peserta Titipan dalam Seleksi Pemain Timnas U-17

Erick Thohir saat memantau seleksi pemain Tim untuk menjadi bagian Timnas Indonesia U-17 berlangsung di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar, Bali (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - Ketua umum PSSI Erick Thohir memastikan jangan sampai ada peserta 'titipan' dan semuanya harus sesuai kriteria dalam seleksi Timnas U-17 di Bali.

Erick Thohir menyatakan itunsaat memantau seleksi pemain Tim untuk menjadi bagian Timnas Indonesia U-17 berlangsung di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar, Minggu 16 Juli 2023.

Total pemain diseleksi hingga hari kedua mencapai 947 pemain. Ini adalah rekor untuk seleksi pemain terbanyak yang dilakukan di beberapa kota.

Antusiasime peserta seleksi di Bali luar biasa. Kata Erick Thohir, hal ini menunjukkan potensi bibit unggul di Bali sangat besar.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, PSSI mengubah konsep untuk rekrutmen Tim U-17 yang akan disiapkan untuk Piala Dunia U-17.

Guna melahirkan pemain yang unggul, Erick Thohir memastikan proses seleksi ini berjalan objektif.

"Tidak boleh ada 'titipan' dalam seleksi pemain. "Semuanya harus sesuai kriteria," tandas Menteri BUMN ini.

Selain persiapan Piala Dunia U-17, tim ini disiapkan untuk jangka panjang yaitu untuk Piala Dunia U-20 di tahun 2025.

Selain tim yang saat Ini sedang melakukan TC di Jakarta, PSSI juga memberi kesempatan kepada talenta-talenta di 12 Kota dan sekitarnya untuk bisa memberikan yang terbaik.

Seleksi pemain hari kedua diharapkan, memudahkan PSSI untuk menemukan mutiara talenta dalam negeri bagi Garuda Muda.

Team scouting dipimpin Coach Indra Sjafri menyebutkan ada beberapa  hal menjadi penilaian team scouting Timnas Indonesia U-17 kali ini.

Peserta bukan hanya berasal dari Pulau Dewata, melainkan daerah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ada beberapa hal yang dilakukan dari kami sebagai team scouting dalam proses seleksi ini. kami mencari pemain yang benar-benar bisa disiapkan untuk pemain tim nasional," 
ujar Coach Indra.

Selain itu, untuk pemain-pemain yang tidak memenuhi standar kualitas turnamen internasional akan disalurkan ke akademi-akademi sepakbola yang ada di Indonesia.

Piala Dunia U-17 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

"Kami melihat baru visual belum tes fisik, psikotest dan test IQ. Proses ini hanya baru melihat bagaimana individual taktikal dia (peserta seleksi), grup taktikal dan bagaimana tim taktikalnya dia,” imbuh  Coach Indra.

Adapun syarat untuk mengikuti proses seleksi di Bali ini adalah merupakan pemain muda kelahiran 1 Januari 2006 sampai dengan 31 Desember 2007. ***

Coach Indra terus mencari pemain dalam negeri dan pemain dari Indonesia yang bermain di luar negeri untuk memperkuat kebutuhan lini depan Timnas Indonesia.

Sementara itu, pelatih kepala Timnas Indonesia U17, Bima Sakti juga telah memanggil 34 pemain muda untuk menjalani seleksi di Jakarta.

Termasuk dua Serdadu Tridatu Muda, Andre Pangestu dan Komang Ananta dari Bali United Youth. "Kerangka tim sudah ada, dan ini mencari tambahan kekeurangan-kekurangan yang ada di dalam tim" Imbuh Coach Bima. ***


Related Stories