Inilah 4 Artis Indonesia yang Pilih Hidup Frugal Living Meski Bergelimang Harta

Meski Bergelimang Harta, 4 Artis Indonesia Ini Justru Pilih Hidup Frugal Living (Instagram.com/claurakiehl, raditya_dika)

Jakarta, Balinesia.di - Sejumlah artis meskipun bergelimang harta namun memilih menjalani frugal living yakni mengelola keuangan dengan cermat, hidup dengan hemat.

Selain itu , mereka fokus pada penghematan dan melakukan pengeluaran yang bijak.

Media sosial akhir-akhir ini, ramai membincangkan frugal living . Frugal living adalah suatu jenis gaya hidup di mana pelakunya memilih untuk mengelola keuangan dengan cermat, hidup dengan hemat, fokus pada penghematan dan melakukan pengeluaran yang bijak.

Pascapandemi, Gaya hidup ini semakin populer. Masyarakat seolah masih mengingat soal kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastian yang membuat banyak orang jadi lebih sadar untuk lebih fokus pada dana darurat daripada untuk berbelanja demi gaya hidup.

Gaya hidup frugal living bukan lantas berarti menandakan seseorang itu pelit atau kikir. Namun, mereka justru lebih mindfull atau memiliki kesadaran penuh saat melakukan suatu pembelanjaan atau pengelolaan uang. Apa yang mereka lakukan semata agar kondisi keuangan mereka mampu mencapai tujuan keuangan di masa depan yang jelas.

Diketahui, seorang public figure seperti artis, selebgram, atau content creator membuat pelakunya jadi bergelimang harta karena ada banyak tawaran sponsor, kerja sama dan sebagainya. 

Hanya saja, saat kita terbiasa melihat konten public figure yang bermewah-mewahan tersebut, beberapa artis atau selebriti di Indonesia juga ada yang tetap low profile dengan menerapkan gaya hidup frugal living. 

Beberapa artis atau selebriti Indonesia yang menerapkan gaya hidup frugal living, berikut ini diantaranya.

1. Adrian Maulana

Adrian Maulana

Adrian Maulana adalah seorang aktor, model, dan newscaster terkenal Indonesia. Baru-baru ini postingannya mengenai rutinitasnya menaiki KRL viral di media sosial.

Ia menceritakan bahwa dulu ketika bekerja ia berangkat dengan naik taksi, di mana per hari ia harus mengeluarkan uang hampir Rp400.000 hanya untuk biaya transport. Namun, sekitar 1,5 tahun lalu ia berkali-kali mengalami macet parah di jalanan yang mulai membuatnya mencoba KRL dan ojek.

Hasilnya, ia lebih hemat waktu dan hemat ongkos. Sehari, ia hanya mengeluarkan uang kira-kira Rp100.000 saja untuk biaya transport. Itu artinya ia sudah hemat Rp300.000 per hari. Cerita dari Adrian Maulana tersebut akhirnya viral dan tentunya menjadi inspirasi bagi banyak orang.

2. Cinta Laura

Cinta Laura

Cinta Laura adalah aktris yang tidak hanya dikenal cantik tapi juga cerdas. Meski sukses dan memiliki banyak job, ia lebih memilih gaya hidup minimalis dengan tidak berlebihan dalam membeli suatu barang.

Dirinya bahkan jarang mengenakan barang branded dan memilih membeli barang yang lebih murah karena mengingat bahwa uang yang dikeluarkan untuk membeli barang tersebut akan lebih berarti jika dimanfaatkan untuk membantu orang-orang di sekitarnya yang lebih membutuhkan. 

3. Raditya Dika

Raditya Dika

Dikenal penulis aktor sekaligus konten kreator ternama, Raditya Dika memiliki penghasilan yang fantastis. Namun ia tetap menerapkan gaya hidup frugal living dengan tidak mengoleksi banyak barang. 

Dirinya bahkan juga jarang bepergian ke luar negeri untuk liburan, suatu hal yang sering dilakukan oleh selebriti pada umumnya. Gaya hidup frugal living ini juga turut ia terapkan dalam keluarganya.

4. Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca adalah aktris, model, sekaligus pebisnis. Meski memiliki usaha di bidang fashion dan menjadi model, ia justru jarang memiliki tas branded, hal yang biasa dimiliki oleh aktris pada umumnya. 

Lantaran merasa tas tersebut memiliki fungsi yang sama, baik itu tas branded atau tas dengan harga lebih murah. Baru-baru ini postingannya ketika haji jadi bahan pembicaraan, karena ia memakai kacamata dengan harga Rp100.000 saja.

Deretan artis Indonesia itulah ah yang memilih menerapkan gaya hidup frugal living atau sederhana meski memiliki kekayaan yang melimpah.  ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 16 Jul 2023 


Related Stories