15.000 Anggota FORSA SMALAM Bersepakat Dorong Pertumbuhan UMKM di Indonesia

15.000 anggota FORSA SMALAM sepakat dorong pertumbuhan UMKM di Indonesia. (dok. FORSA SMALAM)

JAKARTA – Sedikitnya 15.000 lulusan anggota Forum Silaturahmi SMA Lambah, yang kini bernama SMA N 1 IV Angkat, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, bersepakat untuk membangun pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Kenengah (UMKM) di Indonesia dengan cara mendukung wadah komunitas yang berkomitmen untuk memajukan organisasi dan usaha anggotanya.

Ketua Umum Alumni FORSA SMALAM Mayor Jendral Mohammad Hasan menyebutkan, keberadaan alumni yang tersebar di Indonesia tersebut akan kami dorong untuk melakukan transaksi atau mencari kebutuhan mereka agar dapat dicukupi melalui keberadaan UMKM yang dikelola lulusan sekolah.

“Kami memiliki banyak anggota yang punya usaha UMKM. Jadi ke depan kami akan dorong bagaimana anggota FORSA paham ada UMKM di sekitar kita. Jadi tidak ada masalah kalau mereka langsung saja untuk memenuhi kebutuhan menghubungi alumni juga,” kata Hasan kepada media.

Hasan yang saat ini menjabat sebagai Pangdam JAYA, mengatakan hal itu saat peluncuran tiga program alumni FORSA, dalam halal Halal Bihalal di Markas KODAM Jayakarta, Minggu, 25 Juni 2023. 

Saat ini diketahui FORSA SMALAM telah meluluskan sedikitnya sekitar 39 anggkatan sejak sekolah itu didirikan pada 1984. Hingga saat ini, sekolah ini telah meluluskan sedikitnya sekitar 15.000 alumni yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Dalam mendukung program untuk mendukung UMKM, menurut Hasan, saat ini pengurus FORSA dengan mendata seluruh UMKM termasuk jenis usaha dan area yang saat ini dijalankan oleh alumni SMA Lambah.

Adapun tema Halal Bihalal temu alumni saat ini “Taikek Kuek Tajalin Arek Maju Basamo (Terikat Kuat Terjalin Erat Maju Bersama).”

Selain peningkatan dan penguatan ekonomi UMKM anggota alumni, FORSA juga melakukan penandatanganan Kerjasama pengolahan sampah untuk wilayah Kotamadya Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

“Ini juga bagian dari komitmen kami untuk turut serta mendukung pemerintah daerah untuk menanggulangi masalah lingkungan dengan membentuk Bank Sampah FORSA SMALAM dengan PT Xaviera Global Synergy,” lanjut Hasan.

Selain itu, acara pertemuan alumni tersebut juga sekaligus meresmikan pengembangan pengelolaan dana sosial SMALAM Care yang diharapkan ke depan dapat menjadi program sosial yang peduli kepada anggota dan lingkungan sekitar.


Related Stories