Erick Thohir: Pengembangan KEK Sanur bakal Berkontribusi bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia

Menteri BUMN, Erick Thohir saat melakukan tinjauan ke "Kawasan Ekonomi Khusus” untuk melihat progress perkembangan KEK Sanur menjelang Soft Opening kawasan tersebut, Kamis 6 Juli 2023. (Balinesia)

Denpasar, Balinesia.id - Perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur Bali memiliki potensi yang signifikan bagi BUMN untuk berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan itu saat melakukan tinjauan ke "Kawasan Ekonomi Khusus” untuk melihat progress perkembangan KEK Sanur menjelang Soft Opening kawasan tersebut, Kamis 6 Juli 2023.

“Perkembangan yang telah dilakukan di KEK Sanur saat ini cukup signifikan, saya mengapresiasi kerja cepat dan cerdas yang dilakukan seluruh BUMN yang terlibat," sambung mantan Presiden AC Milan itu.

Progres yang bagus ini tentu tidak lepas dari kemitraan strategis dan kolaborasi antara pemerintah, BUMN, dan entitas swasta untuk mempromosikan inovasi, transfer teknologi.

Tak kalah pentingnya, penciptaan lapangan kerja dalam kawasan kesehatan pariwisata pertama di Indonesia.

Melalui konsep medical & wellness tourism dalam  pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus KEK Sanur, Bali diyakini bakal menjadi magnet pariwisata baru di Indonesia.

Ditambahkan Erick Thohir, pengembangan KEK Sanur merupakan langkah transformasi strategis yang menciptakan berbagai nilai tambah untuk Indonesia.

"Dengan KEK Sanur ini, Indonesia akan memiliki pusat layanan kesehatan kelas dunia dan akan menjadi magnet pariwisata baru melalui konsep medical & wellness tourism," tegas Erick Thohir.

Saat meninjau KEK, Ketua Umum PSSI itu didampingi Direktur  Utama  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)  Dony Oskaria,  Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Christine Hutabarat, Direktur utama PT Pertamina Bina Medika IHC. 
 
Dalam kunjungannya, Erick Thohir melihat secara langsung progress pembangunan rumah sakit  berskala internasional di kawasan tersebut.

Pembangunan rumah sakit diharapkan selesai pada akhir 2023 dan beroperasi penuh pada awal tahun 2024.

Berada di atas lahan seluas 5,0 Ha (dengan luas bangunan sekitar 60.000 M2 di empat lantai) yang dikelilingi landscape tanaman tropis, pengembangan Bali International Hospital (BIH) merencanakan 250 tempat tidur rawat inap, dengan 6 pusat unggulan kelas dunia, terutama di sektor Cardiology, Oncology, Neurology, untuk manajemen penyakit kritis.

Tidak hanya itu, Gastro-Hepato (Gastroenterology), Orthopaedic serta Medical Check Up akan menjadi spesialisasi medis yang sepenuhnya terintegrasi ke dalam rumah sakit ini.

Setelah meninjau Rumah Sakit, Menteri BUMN Erick Thohir juga melihat progress revitalisasi Grand Inna Bali Beach Hotel, dalam blue print revitalisasi hotel yang berada di dalam kawasan KEK Sanur dilengkapi dengan Convention Center, Ethnobotanical Garden, central UMKM, tinjauan juga dilakukan pada area utilitas kawasan meliputi Ground Water Tank, Waste Water Treatment Plant, Power House.
 
Saat mendampingi Erick Thohir, Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney, Dony Oskaria, juga menyampaikan Di sini nantinya akan ada “state-theart facilities” seperti sarana akomodasi yang terdiri dari hotel bintang 4, bintang 5 dan premium villa/resort hingga 1000 kamar.

Kemudian, fasilitas bagi elderly people (usia lanjut), Ethnobotanical Garden, Convention Centre bertaraf Internasional yang mampu menampung hingga 5000 orang, Area Komersial, Sentra UMKM, Restaurant, serta berbagai fasilitas lain yang didukung dengan teknologi mutakhir.
 
Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Christine Hutabarat,  menamnbahkan pihaknya berkomitmen terus melakukan terobosan dan inovasi serta melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan sektor-sektor strategis di Kawasan ini menjadi World Class Medical & Wellness Centre".

KEK Sanur diharapkan bisa memanjakan pengunjung dengan menikmati berbagai fasilitas terintegrasi dan teknologi terkini serta memberikan added value experience dan menarik minat penduduk Indonesia untuk mengalihkan perawatan medis yang sebelumnya dilakukan di luar negeri. ***


Related Stories