Ekosistem Startup Makin Kuat, Momentum Indonesia Pimpin Pertumbuhan Ekonomi Digital

Wamenkominfo Nezar Patria saat Konferensi Pers HUB.ID Accelerator Partner Day x Next Billion Ecosystem (Nex-BE) Fest 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu 13 September 2023. (Balinesia)

Badung, Balinesia.id - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria meyakini jika ekosistem startup semakin kuat akan menjadi momentum yang baik bagi Indonesia untukm memimpin pertumbuhan ekonomi digital dunia.

"Kita berharap di tahun 2030 kita bisa mencapai target yang disebutkan oleh banyak pelaku bisnis digital di dunia (proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia),” tandas Nezar Patria saat Konferensi Pers HUB.ID Accelerator Partner Day x Next Billion Ecosystem (Nex-BE) Fest 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu 13 September 2023.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyelenggarakan Program HUB.ID selama tiga tahun berturut-turut dan tahun ini mengusung tema Fostering Synergy Networks for Stronger Economic Growth.

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika terus memperkuat kolaborasi lintas sektor guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi melalui ekosistem startup digital.

“Tema ini kita ambil untuk mendorong sinergi dalam pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, khususnya melalui penguatan sektor ekosistem perusahaan rintisan atau startup digital yang terus tumbuh di tanah air kita,” tuturnya.

Ditegaskan Nezar Patria, ekosistem startup digital menjadi salah satu lokomotif penggerak untuk memajukan ekonomi digital.  Hal itu ditandai dengan kelahiran ribuan startup sebagai inovasi anak bangsa.

 

Setidaknya ada 2.511 perusahaan rintisan digital di Indonesia dan dengan angka itu kita menduduki peringkat keenam negara-negara dengan startup terbanyak di dunia berdasarkan Startup Ranking yang dikeluarkan pada tahun 2023.

Kegiatan yang mempertemukan pelaku startup dan investor itu merupakan kolaborasi Kementerian Kominfo dengan Kementerian BUMN melalui Telkom Group dan MDI Ventures. ***


Related Stories