Drama Korea 'Squid Game' Habiskan Biaya Produksi hingga Rp241 Miliar

Inilah 4 Drama Korea dengan Biaya Produksi Fantastis (instagram.com/netflixkr)

Jakarta, Balinesia.id -  Salah satu Drama Korea dengan biaya produksi termahal adalah Squid Game  yang  menelan  anggaran hingga Rp241 Miliar. 

Dampak pandemi COVID-19, tidak begitu dirasakan oleh industri film di Korea Selatan. Buktinya, produser film atau serial di Korea Selatan masih royal merogoh kantong untuk memproduksi karya mereka. 

Tidak main-main, biaya produksi film terbilang cukup fantastis dan itu sebanding dengan hasilnya. 

Beriut ini, drama Korea atau drakor dengan biaya produksi termahal.

1. Squid Game

Squid Game telah menelan biaya hingga 20 miliar Won atau Rp241 miliar untuk membuat sebanyak sembilan epsiode. Dengan kata lain, investasi untuk satu episode mencapai 2,22 miliar Won atau sekitar Rp26 miliar. Hal ini membuat Squid Game berada di urutan teratas daftar drama Korea termahal tahun ini.

Hal ini dapat dimengerti mengingat tingginya tingkat investasi film dalam hal konteks, alat peraga, dan bayaran aktor utama. Namun, hal ini tampaknya tidak sia-sia karena Squid Game menjadi drama Korea paling populer pada tahun 2021 dan secara konsisten menduduki puncak daftar film Netflix di dunia.

2. Jirisan

Drama Korea Jirisan yang baru saja rilis tampaknya memakan budget termahal kedua setelah Squid Game. Seperti yang dilansir dari laman KBIZoom, biaya rata-rata untuk membuat per episode yaitu 2-2,2 miliar Won atau sekitar Rp26 miliar dengan total anggaran 32-35 miliar Won atau sekitar Rp421 miliar.

3. Penthouse 3

Penthouse season 2 dan 3 telah menelan investasi sebanyak 30 miliar Won atau sekitar Rp361 miliar. Penthouse season 3 terdiri dari 14 episode, dan setiap episode menelan biaya sekitar 2,14 miliar Won atau sekitar Rp24 miliar, terutama untuk mengatur adegan dan berinvestasi ke dalam kostum yang digunakan untuk tiap karakter.

4. Vincenzo

Produksi 16 episode Vincenzo menelan biaya total 20 miliar Won atau Rp241 miliar. Pembuatan Vincenzo menelan biaya yang sangat banyak karena efek pandemi, yang membuat kru tidak dapat syuting di lokasi syuting di Italia. Sehingga memaksa mereka untuk menghabiskan sejumlah besar uang untuk efek CGI bagi adegan yang dibuat di Korea Selatan. Selain itu, mereka harus mengeluarkan uang yang sangat besar untuk membayar Song Joong Ki. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 21 Nov 2021 

Bagikan

Related Stories