Dipandang Inovatif, Kabupaten Bantaeng Pelajari UP2KA di Bali

Kunjungan TP PKK Kabupaten Bantaeng ke pameran UMKM UP2KA di Denpasar, Jumat, 24 Juni 2022. (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id - TP PKK Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan mempelajari pola Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UP2KA) di Bali. Mereka hadir melakukan studi reploka pada pameran UP2KA yang tengah berlangsung di halaman Kantor Perwakilan BKKBN Bali, Denpasar, Jumat, 24 Juni 2022.

Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng Sri Dewi Yanti didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantaeng Abdi Sam, mengatakan temuab studi replika dari UP2KA di Bali nantinya akan diterapkan di kabupatennya. “Kami akan mencoba melakukan saling menukar informasi, saling mengedukasi para penyuluh kami di Kabupaten Bantaeng,” katanya.

Baca Juga:

Secara umum pihaknya mengaku gerakan UP2KA di Bali hampir sama dengan Bantaeng. Meski demikian, pihaknya mengaku Bali memiliki sejumlah inovasi dalam pelaksanaannya. "Inovasi ini kami coba replika agar bisa dilakukan di kabupaten kami,” kata dia.

Abdi Sam menanbahkan dipilihnya Bali sebagai studi replika UP2KA tidak terlepas dari sejumlah inovasi dan keberhasilan yang telah berhasil ditunjukka . “Kami ke sini karena mengetahui bahwa apapun yang dikerjakan akan mampu menambah pendapatan,” ucap dia.

Selain mengunjungi Perwakilan BKKBN Bali, pihaknya juga akan mengunjungi Desa Wisata Penglipuran, Bangli. Mereka akan mempelajari untuk mengetahui bagaimana desa tersebut bisa menghasilkan.

"Ini akan kami pelajari. Mengingat tempatnya bersih dan menghasilkan. Termasuk juga mempelajari bagaimana irigasinya, tidak ada air yang tergenang. Karena, penyebab stunting itu juga dipicu air yang tidak lancar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih, yang menyambut kedatangan rombongan mengaku senang pihaknya didatangi sebagai objek studi replika TP PKK Kabupaten Bantaeng.

"Kunjungan ini menjadi kebanggaan dan juga kehormatan bagi kami yang kebetulan kami melakukan expo di halaman Kantor BKKBN Bali Renon Denpasar," kaya dia.

Adapun pameran UP2KA digelar Perwakilan BKKBN Bali dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 yang diperingati  tanggal 29 Juni 2022 ini. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories