Diharap Tunjukkan Hasil Terbaik, Kontingen LT IV Regu Pramuka Penggalang Dilepas Sekda Suyasa

Pelepasan Kontingen Kabupaten Buleleng untuk Lomba Tingkat (LT) IV Regu Pramuka Penggalang 2023. (Balinesia.id/IST)

Buleleng, Balinesia.id - Kontingen Kabupaten Buleleng untuk Lomba Tingkat (LT) IV Regu Pramuka Penggalang 2023 dilepas langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Buleleng. Kontingen tersebut diharapkan mengharapkan mampu menunjukkan potensi diri yang terbaik untuk Bumi Denbukit.

Pelepasan kontingen itu dilakukan di Lobi Athiti Wisma Kantor Bupati Buleleng, Rabu, 29 Maret 2023. Peserta LT IV Regu Pramuka Penggalang 2023 terdiri dari 1 regu putra dan 1 regu putri yang berjumlah 16 orang. Seluruh peserta berasal dari SMPN 1 Sukasada yang terpilih atas seleksi yang telah dilakukan sebelumnya. Lomba Tingkat (LT) IV Regu Pramuka Penggalang 2023 digelar mulai dari 29 Maret 2023 s.d. 2 April 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka I Gusti Ngurah Rai, Tabanan.

Baca Juga:

  • Buleleng Kendalikan Inflasi dengan Menambah Lahan Cabai

    Suyasa berharap peserta dapat menjaga sportifitas dan disiplin. Tidak lupa, untuk senantiasa menjaga nama baik Kwarcab Buleleng selama perlombaan berlangsung. Seluruh upaya tersebut, diharapkan bisa membawa Kontingen Buleleng untuk menjadi yang terbaik dalam perlombaan tersebut. Pemenang dari perlombaan ini akan dikirim untuk menjadi wakil Bali dalam LT Regu Penggalang V Tahun 2023 di Jakarta.

    "Sedapat mungkin menjadi yang terbaik sehingga bisa mewakili Bali di tingkat nasional. Sehingga bisa mewakili Bali kita dari Buleleng," tegasnya.

Baca Juga:

Ia menjelaskan bahwa Gerakan pramuka diharapkan terus menjadi wadah pendidikan non formal yang menghasilkan kader bangsa yang tangguh di masa depan. Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun negara kesatuan republik indonesia, mengamalkan pancasila serta melestarikan lingkungan hidup. Gerakan pramuka dinilai mampu membentuk karakter kaum muda, sehingga terhindar dari kegiatan negatif.

”Salah satu satu kegiatan yang dapat mengalihkan kaum muda dari kegiatan negatif adalah lomba tingkat regu pramuka penggalang ini. Lomba yang bersifat, edukatif, rekreatif, inovatif, dan kompetitif, dan diharapkan dapat membentuk karakter dan memotivasi kaum muda untuk berkompetisi sehat dalam meraih prestasi,” katanya.

Baca Juga:

Suyasa juga menekankan bahwa momentum kegiatan ini, diharapkan mampu  memberikan semangat baru. Sekaligus mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab bersama terhadap kemajuan gerakan pramuka di Kabupaten Buleleng.

“Sehingga SDM generasi muda buleleng agar mampu menghadapi berbagai tuntutan perkembangan zaman. Untuk mewujudkan kabupaten buleleng yang semakin maju dan sejahtera," pungkasnya. jpd

Editor: E. Ariana
Tags Bali bulelengBagikan

Related Stories