Covid Terkendali, Presiden Jokowi Izinkan Masyarakat Tak Pakai Masker

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada Gubernur Jabar, Ridwad Kamil (BIro Pers Setpres)

Bogor, Balinesia.id- Memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini makin terkendali Presiden Joko Widodo mengizinkan masyarakat tidak memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker, tandas di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 17 Mei 2022.

Hanya saja, masyarakat yang berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker.

Demikian juga, masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Presiden Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

Masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, juga tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

Selain melonggarkan pemakaian masker, pemerintah melonggarkan kebijakan tes usap PCR atau Antigen bagi pelaku perjalanan. Regulasi itu berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

"Kedua, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen," Presiden Jokowi mengakhiri.***


Related Stories