Cara Tetap Fokus Bekerja Saat Sedang Puasa

Cara Tetap Fokus Bekerja Saat Sedang Puasa (Freepik.com/master1305)

JAKARTA - Pada bulan Maret 2024 ini, umat Muslim di berbagai wilayah dunia ikut melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Namun, salah satu hal yang dikeluhkan dari kewajiban tersebut adalah tubuh jadi lemas, mengantuk, dan kurang fokus.

Padahal sebetulnya tubuh Anda tetap bisa menjalankan rutinitas dengan efektif seperti biasa meski sedang berpuasa. 

Lalu, bagaimana jika Anda benar-benar merasa lelah, lemak, dan tidak fokus bekerja saat berpuasa? Anda bisa mengatasinya dengan menerapkan beberapa strategi berikut ini.

Cara Fokus Bekerja Saat Puasa

1. Buat Daftar Tugas

Salah satu hal yang dapat membuat Anda dengan mudah kehilangan fokus adalah tidak mempersiapkan rencana kegiatan yang akan Anda lakukan.

Oleh karena itu, buatlah to-do-list harian sebagai panduan rencana tugas apa yang akan Anda selesaikan.

Kebiasaan ini juga akan membuat rutinitas Anda jadi lebih terstruktur dan efektif karena Anda tahu apa yang perlu Anda lakukan dan apa yang bisa Anda tunda.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Anda sebaiknya mulai selektif dalam memilih makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Hal ini karena makanan yang Anda konsumsi dapat memengaruhi kondisi tubuh Anda.

Konsumsilah makanan bergizi karena akan membantu Anda tetap fokus dan menjalankan rutinitas dengan maksimal.

3. Olahraga

Anda tetap bisa bugar saat berpuasa, dan olahraga adalah salah satu aktivitas yang akan membuat tubuh tetap bugar. Akan tetapi, sebaiknya Anda olahraga mendekati waktu berbuka puasa atau setelah sahur.

4. Tidur Cukup

Salah satu kunci utama agar Anda tetap produktif dan berenergi saat berpuasa adalah dengan istirahat yang cukup. Jika Anda kurang tidur, tak hanya tubuh Anda yang terdampak tapi juga mental Anda. 

Selain merasa lelah, Anda yang tidur kurang dari 7 jam dalam sehari akan lebih mudah terkena stres.

5. Hindari Lembur

Kebiasaan lembur justru membuat produktivitas Anda menurun. Hal ini juga akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Oleh karena itu, mulailah membiasakan bekerja secara efektif dan menikmati waktu istirahat. Melalui pola hidup yang seimbang, Anda dapat tetap bekerja secara produktif meski sedang berpuasa.

Itu tadi beberapa tips tetap produktif dan fokus bekerja meski sedang berpuasa. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories