Cara Menghadapi Bullying di Tempat Kerja

Cara Menghadapi Bullying di Tempat Kerja (freepik.com/yanalya)

JAKARTA - Bullying ternyata bisa terjadi di berbagai tempat, termasuk di lingkungan kerja. Seperti yang dilansir dari laman resmi Kemenkes, menurut survei yang dilakukan oleh Workplace Bullying Institute di Amerika pada tahun 2017, 19% warga Amerika mengalami bullying di tempat kerja, 19% lainnya menyaksikan tindakan bullying, dan 63% menyadari adanya perilaku bullying di lingkungan kerja. 

Banyak orang terlibat dalam perilaku bullying, terutama di tempat kerja di mana kerja sama antar karyawan seharusnya dijaga dengan baik. Namun, tindakan bullying di tempat kerja bisa memberikan dampak negatif pada korban.

Bullying secara umum didefinisikan sebagai perilaku agresif, baik secara fisik maupun verbal, yang terjadi secara berulang dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sehingga korban sulit membela diri. 

Cara Mengatasi Bullying di Kantor

Untuk mengatasi bullying di tempat kerja, ada beberapa langkah yang dapat diambil, yaitu sebagai berikut.

1. Tetap Tenang

Hindari memberikan reaksi emosional terhadap pelaku bullying, karena seringkali mereka mencari respons yang negatif dari korban. Menjaga ketenangan emosional dapat membantu mengurangi dampak tindakan bullying.

2. Atasi Masalah Secara Langsung

Cobalah berbicara dengan pelaku dan sampaikan pendapat dengan jelas. Lakukan komunikasi yang baik agar pelaku mau mendengarkan dan mohon agar tindakan bullying dihentikan.

3. Beri Tahu Atasan atau HRD

Laporkan masalah ini kepada atasan atau departemen sumber daya manusia (HRD) agar mereka dapat membantu menemukan solusi terbaik. Pastikan untuk menyampaikan permasalahan dengan cara yang tepat agar dapat ditangani dengan efektif.

4. Berbicaralah dengan Orang Lain

Berbagi pengalaman dengan rekan kerja, atasan, teman, atau terapis dapat membantu mengatasi efek negatif dari bullying dan memberikan dukungan emosional.

5. Cari Pekerjaan Baru

Jika bullying di tempat kerja tidak dapat ditoleransi, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan baru di lingkungan yang lebih baik dan mendukung.

Penting juga bagi institusi untuk memperhatikan lingkungan kerja dan selalu waspada terhadap perilaku negatif seperti ancaman, tekanan, penghindaran, dan perendahan dari sesama karyawan atau atasan. Hal ini karena korban bullying cenderung enggan melaporkan pengalaman mereka karena takut konsekuensi yang mungkin timbul.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories