Cara Menggunakan Fitur Blokir Spam yang Didukung AI di Truecaller

Cara Menggunakan Fitur Blokir Spam yang Didukung AI di Truecaller (Truecaller)

JAKARTA - Truecaller diketahui telah meluncurkan fitur baru yang didukung AI. Fitur tersebut memungkinkan pengguna terhindar dari panggilan spam.

Fitur baru ini merupakan bagian dari pembaruan ‘Max’ yang dapat memblokir semua panggilan yang berasal bukan dari kontan yang telah disetujui atau dianggap sebagai panggilan spam oleh algoritma kecerdasan buatan.

Seperti yang dilaporkan oleh TechCrunch, fitur baru ini akan memblokir semua panggilan yang dianggap oleh AI sebagai spam, meski panggilan tersebut tidak terdaftar di database perusahaan. Namun sebelumnya, keputusan untuk memblokir nomor tertentu akan didasarkan pada bagaimana nomor tersebut terdaftar dalam database perusahaan, serta penyaringan atau filter secara proaktif dari individu pengguna.

Khususnya, fitur baru ini hanya akan tersedia untuk pengguna Truecaller Premium di Android, karena Apple tidak mengizinkan Truecaller dan layanan ID penelepon lainnya menganalisis dan memblokir panggilan spam secara langsung.

Meski begitu, Vice President of Search Truecaller, Kunal Dua menyebutkan kepada TechCrunch bahwa sistem yang mendasari fitur ini diperkirakan akan meningkat seiring waktu dengan lebih banyak data panggilan spam.

“Tentu saja, kami berusaha semaksimal mungkin untuk membedakan antara spam dan panggilan yang valid atau sah. Namun ada beberapa kasus tertentu di mana beberapa bisnis sah mungkin (diblokir) untuk sementara,” kata Dua kepada TechCrunch. 

Cara Menggunakan Fitur Pemblokiran Spam AI di Truecaller

  1. Pertama, pastikan Anda telah membeli langganan Truecaller Premium.
  2. Kemudian, navigasikan ke Settings di aplikasi Truecaller Anda kemudian klik Block.
  3. Di halaman berikutnya Anda akan mendapatkan opsi untuk memilih tingkat perlindungan, klik opsi Max di sini untuk mengaktifkan fitur pemblokiran spam AI. 

Itu tadi penjelasan mengenai fitur blokir spam yang didukung oleh AI di Truecaller sekaligus cara menggunakannya. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan fitur ini?

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories