Semarak Bulan K3 Nasional, Pelajar Antusias Ramaikan Safety Festival di Universitas Bali Internasional

Kegiatan Safety Festival, merupakan agenda rutin dilaksanakan Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Universitas Bali Internasional. (Universitas Bali Internasional)

Denpasar, Balinsia.id - Pelajar hingga masyarakat lainnya antusias mengikuti ajang Safety Festival 2024 yang dihelat Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Universitas Bali Internasional.

Safety Festival 2024 digelar Universitas Bali Internasional guna memperingati Bulan K3 Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari setiap tahunnya.

Kegiatan Safety Festival, merupakan agenda rutin dilaksanakan Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Universitas Bali Internasional.

Ketua Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Universitas Bali Internasional I Gusti Agung Haryawan menyebutkan, kegiatan digelar untuk memperingati Bulan K3 Nasional.

Peringatan Bulan K3 Nasional jatuh setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari setiap tahun yang kali ini dikemas dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Agung Haryawan mengungkapkan, melalui Festival Safety 2024, pihaknya mengajak masyarakat untuk semakin sadar akan pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan dalam bekerja.

"Kami mengharapkan pelaksanaan safety festival ini membuat masyarakat sadar arti pentingnya keselamatan dan keamanan dalam bekerja," tutur Agung Haryawan.

Diharapkan, pelaksanaan Bulan K3 Nasional, masyarakat sadar arti pentingnya kesehatan dan keamanan dalam melaksanakan pekerjaan atau aktifitas lainnya.

Kata Agung Haryawan, pentingnya kesehatan dan keamanan dalam melaksanakan pekerjaan atau aktifitas lainnya untuk melindungi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Bagaimana masyarakat terhindar dari penyakit akibat kerja, potensi bahaya yang ada sehingga terciptanya produktifitas yang meningkat, sehat jasmani dan rohani.

Berbagai kegiatan digelar yakni Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di SD Negeri 5 Tonja terkait Mitigasi bencana, pemasangan rambu-rambu K3 di Lingkungan kampus Universitas Bali Internasional serta Lomba Poster dan Video tingkat SMA/SMK Se-Bali.

Seperti tahun sebelumnya, kegiatan Safety Festival tahun ini dilaksanakan secara terpusat di Aula Universitas Bali Internasional.

Sampai puncak kegiatan, digelar Jumat 15 Maret 2024  dilaksanakan final Lomba Poster dan Video dengan mendatangkan langsung finalis untuk berkompetisi.  

Proses final sangat kompetitif dimana seluruh finalis bersemangat dalam mengikuti seluruh tahapan lomba. Proses perlombaan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam, menetapkan Juara 1 kategori Lomba Poster adalah Ni Putu Dian Fitriana Putri, dkk dari SMA N 1 Sukawati, Juara 2 diraih oleh Ni Kadek Prita Gayatri Dewi dari SMA N 1 Abiansemal, dan Juara 3 diraih oleh Tim Smanteg dari SMA N 1 Tegallalang.

Pada kategori Lomba Video, Juara 1 diraih oleh Tim VATYTA dari SMA Negeri 2 Denpasar dan Juara 2 diraih oleh Ni Wayan Yuniati.

Untuk perlombaan dalam Safety Festival 2024 kembali memperebutkan Piala Bergilir Rektor Universitas Bali Internasional yang bernama “Bakta Nirbhaya Karya Utama”.

Piala bergilir ini sebagai bentuk harapan safety festival dapat terus berkelanjutan dan semakin dikenal oleh masyarakat. Dari hasil penghitungan akumulasi poin, SMA N 2 Denpasar berhasil meraih Juara Umum dan berhak membawa piala bergilir rektor.

Salah satu peserta lomba yang menjadi juara, Dian Fitriana, menyatakan senang karena berhasil menjadi juara 1 dalam lomba poster safety festival.

“Perasaannya pastinya sangat senang, ilmunya juga baru bagi kami, sehingga menjadi lebih tahu tentang K3. Harapannya tahun berikutnya peserta semakin banyak dan lomba poster tetap ada,” udap Dian Fitriana secara terpisah.

Pembina dari SMA Negeri 2 Denpasar yang hadir menyatakan bahwa lomba seperti ini perlu ditingkatkan untuk menambah kreativitas siswa.

“Saya sangat senang sekali SMA Negeri 2 Denpasar bisa menjadi juara umum, semoga tahun depan dilaksanakan kembali dan kami bisa tetap berpartisipasi” imbuhnya. ***
 

Editor: Wisnu Adnyana
Wisnu Adnyana

Wisnu Adnyana

Lihat semua artikel

Related Stories