Cara Mudah Membersihkan Keyboard Komputer Anda

Cara Mudah Membersihkan Keyboard Komputer Anda (Freepik.com)

JAKARTA - Keyboard adalah seperti pintu masuk kita ke dunia digital. Keyboard memudahkan kita untuk memberikan input sehingga memudahkan kita mengobrol, mencari informasi, bermain, belajar, dan sebagainya.

Namun, tampaknya keyboard kerap dijadikan hanya sebagai aksesori di meja yang berantakan. Tidak jarang, ada banyak kotoran, debu, dan remah-remah makanan yang membuat keyboard jadi kotor.

Padahal, jika hal itu dibiarkan, maka fungsi keyboard akan terganggu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan keyboard komputer dengan tepat agar perangkat yang Anda miliki tetap awet dan terawat.

Cara Membersihkan Keyboard Komputer

1. Balikkan

Seperti yang dilansir dari PC Mag, solusi yang paling mudah adalah dengan membalikkan seluruh keyboard, goyangkan beberapa kali. Anda mungkin bisa mencabut perangkat atau mematikan fungsi nirkabelnya terlebih dahulu.

Anda juga bisa meletakkan handuk kertas atau serbet untuk menampung kotoran yang jatuh dari keyboard. Jika Anda menggunakan keyboard dengan keycaps yang dapat dilepas, lalu lepaskan dengan hati-hati, serta goyangkan panel secara terbalik.

Jangan lupa untuk membersihkan meja. Selain itu, Anda juga perlu menghilangkan kuman apapun yang menempel baik di meja atau keyboard.

2. Singkirkan Kotorannya

Anda bisa menggunakan sikat keyboard khusus yang tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk membantu menyapu sisa-sisa kotoran yang tersembunyi di bawah keycaps pada keyboard.

Anda juga bisa menggunakan sikat gigi standar lalu usapkan ke celah di antara keycaps. Tumpukan kotoran akan secara mudah dibersihkan.

3. Gunakan Gel Pembersih

Mungkin hal ini menjijikkan, tapi ternyata cukup efektif untuk membersihkan keyboard Anda. Gel pembersih atau slime, dapat membuat debu dan kotoran di keyboard dengan mudah menempel sehingga membuat proses membersihkan jadi lebih lancar.

Anda bisa menggunakan gel pembersih sampai warnanya menjadi hitam atau tidak lagi mengumpulkan kotoran. Kemudian buanglah gel tersebut.

Meski begitu Anda tidak boleh menggunakan gel pembersih ini untuk membersihkan layar seperti ponsel atau layar laptop dan komputer. Anda juga perlu memperhatikan bahwa beberapa merek gel pembersih mungkin meninggalkan residu berminyak yang harus segera dibersihkan.

4. Cuci Keycaps

Tips ini khusus hanya bagi Anda yang menggunakan keyboard mekanis dan bagian atas tombol dapat dilepas. Mulailah dengan mengambil gambar atau memotret keyboard Anda yang telah dirakit lengkap untuk menghindari tercampurnya huruf, angka, dan perintah.

Kemudian, ambil keycaps, rendam tutup tombol tersebut ke dalam wadah berisi air sabun, bisa sabun tangan atau piring.

Setelah itu, gosok dengan sikat kecil atau lap kemudian biarkan hingga kering.

Itu tadi beberapa cara membersihkan keyboard komputer dengan baik agar fungsinya tidak terganggu.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories