Cara Jitu Mengubah Kepribadian Menurut Pakar Psikologi

Cara Jitu Mengubah Kepribadian Menurut Pakar Psikologi (Pexels / Moose Photos)

JAKARTA - Profesor psikologi di University of Illinois di Urbana-Champaign, Brent W. Roberts mengatakan bahwa Anda sebenarnya dapat mengubah kepribadian tanpa bantuan psikolog.

Diri kita yang sekarang tentu berbeda dengan diri kita tahun lalu, lima tahun lalu, atau sepupuh tahun yang lalu. Semua orang tentu memiliki kemungkinan untuk berubah dan tumbuh seiring dengan berjalannya waktu karena pengalaman mampu mempengaruhi dan membentuk kepribadian. 

Roberts telah menghabiskan sebagian besar kariernya untuk melihat perkembangan kepribadian individu di masa dewasa. Atas pertnyataan Roberts tersebut, mungkin banyak orang bertanya-tanya apakah kepribadian bisa dirubah dengan sengajaa. 

Pertanyaan ini yang akhirnya melatarbelakangi Roberts dan rekan penelitinya untuk menemukan jawabannya dan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk meneliti studi yang mengamati perubahan sifat kepribadian melalui terapi psikologis. 

Hasilnya, mengubah kepribadian dengan bantuan psikolog dapat membuahkan hasil yang efektif "Kami menemukan bahwa menemui terapis menyebabkan penurunan sekitar setengah standar deviasi dalam neurotisme," katanya. “Dan itu terjadi sangat cepat setidaknya dari sudut pandang kami dalam sekitar empat minggu pertama terapi” tambahnya. 

Terapi yang dimaksud Roberts bertujuan untuk mengatasi masalah serius, seperti depresi, kecemasan, gangguan makan, atau penggunaan zat. Meskipun psikolog tidak menjanjikan akan perubahan kepribadian seseorang, pekerjaan yang mereka lakukan juga menentukan cara untuk memengaruhi sifat.

Kabar baiknya Roberts menyebut jika Anda dapat merubah kepribadian tanpa bantuan psikolog. Langkah ini telah ia praktikan pada peserta pelatihan yang bukan pasien. Penelitian menunjukkan bahwa hasil akhirnya hampir sama dengan perubahan kepribadian pada pasien terapi. 

Cara Mengubah Kepribadian 

1. Memantapkan Motivasi dan Tujuan 

Roberts menyebut langkah ini penting dilakukan Jika Anda ingin mengubah kepribadian. “Tanpa motivasi, Anda mungkin mengubah perilaku dalam jangka pendek, tetapi kemungkinan besar tidak akan mengalami hasil yang bertahan lama,” terangnya. 

2. Pahami Apa yang Ingin Dirubah 

Selanjutnya, Anda harus memahami apa yang Anda ubah. Perjelas kepribadian seperti apa yang Anda inginkan. 

“Misalnya, banyak orang mengatakan mereka ingin tidak mudah menyetujui banyak hal,” kata Roberts. “Seringkali, yang sebenarnya mereka inginkan adalah menjadi lebih asertif. 

Ketegasan tidak harus menjadi seseorang yang kaku dan jahat. Mereka hanya perlu belajar bagaimana mempertahankan posisi mereka dan melakukannya dengan efektif.” jelas Roberts.

3. Beri Diri Anda Kesempatan 

Roberts memperkenalkan istilah klinis “pendidikan psiko”. Pendidikan psiko adalah mengajari orang tentang apa yang seharusnya mereka lakukan, tetapi tidak benar-bernar memberi mereka kesempatan untuk berlatih dan mengerjakan prosesnya. 

Kesalahan ini kerap dilakukan oleh banyak orang “ Ini adalah kesalahan yang biasa kami buat,” jelas Roberts. 

Kesempatan untuk berlatih sangat penting untuk proses Anda merubah kepribadian. Dengan tidak adanya langkah ini, Roberts mengatakan dia skeptis seseorang dapat mengubah kepribadiannya.

“Anda harus memberi orang kesempatan untuk mencoba perilaku baru, menerapkannya, gagal melakukannya, mencobanya lagi, dan memberi mereka bimbingan dalam upaya menciptakan keterampilan itu sendiri,” kata Roberts.

4. Cari Pembimbing Anda 

Roberts menyarankan Anda untuk mencari seseorang yang bisa membantu Anda dalam merubah kepribadian. “Anda dapat bekerja dengan terapis, pelatih, atau teman akuntabilitas, atau Anda dapat beralih ke teknologi,” sarannya. 

Menurut Roberts, dengan teknologi yang semakin canggih, Anda dapat menggunakan AI generatif untuk membuat sistem yang bsia membantu Anda lebih bertanggung jawab selama proses merubah kepribadian. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 11 Aug 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories