BBB ke-5 Dibuka, Ratusan Pelajar Nyurat dan Ngetik Aksara Bali Berbarengan

Gubernur Bali, Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali, Cok Ace meninjau festival nyurat dan ngetik aksara Bali pada hari pertama Bulan Bahasa Bali ke-5. (Balinesia.id/ist)

Denpasar, Balinesia.id – Sesuai jadwal, Bulan Bahasa Bali ke-5 dibuka, Rabu, 1 Februari 2023 oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. Selepas dibuka, ratusan pelajar pun menyambut hajatan pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali itu dengan festival nyurat lontar dan mengetik aksara Bali di komputer.

Ada ratusan pelajar, baik dari kalangan mahasiswa, SMK/SMA perwakilan di Bali yang ambil bagian pada materi pertama BBB ke-5 “Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani” di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali itu.

“Ikon yang menarik dalam ajang BBB kali ini adalah penyajian cara nyurat lontar di masa lalu dan kekinian yaitu ngetik di komputer,” kata Kepala Bidang Sejarah dan Dokumentasi Kebudayaan Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali, Drs. A.A. Ngurah Bagawinata, M.M.

Baca Juga:

Ia menjelaskan, pihaknya sengaja menampilkan citra masa lalu eksistensi aksara Bali melalui giat nyurat lontar dengan pengrupak di atas lontar. Sedangkan yang baru, yakni lompatan teknologi dengan keyboard aksara Bali. Masa lalu dan masa kini ini ditampilkan secara berdampingan.

“Kegiatan masa lalu yang diterapkan oleh lelangit leluhur kita berkaitan dengan penglimbakan bahasa dan aksara Bali, begitu juga dengan teknik teknologi. Ini sudah dibuat oleh anak-anak bangsa, anak-anak krama Bali berupa keyboard aksara Bali,” kata dia.

Festival nyurat lontar dan mengetik Bahasa Bali itu disebut menjadi sajian baru dalam BBB. Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) bersama undangan lainnya pun sempat menyaksikan festival tersebut. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories